Yang Menyebabkan Negara-Negara Di Eropa Melakukan Ekspedisi Untuk Mencari Sumber-Sumber Ekonomi Baru Ke Seluruh Dunia Pada Abad Ke-15 Adalah ….

Persaingan ekonomi global

Pada abad ke-15, negara-negara di Eropa menghadapi persaingan ekonomi global yang semakin meningkat. Perdagangan internasional menjadi kunci penting dalam pertumbuhan ekonomi, dan negara-negara Eropa mulai menyadari potensi yang ada di luar batas-batas wilayah mereka sendiri. Persaingan tersebut mendorong mereka untuk melakukan ekspedisi dan mencari sumber-sumber ekonomi baru di seluruh dunia.

Semakin banyak negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, semakin besar kemungkinan mereka untuk mendapatkan keuntungan ekonomi yang signifikan. Pada saat itu, Eropa menjadi pusat perdagangan global dan membutuhkan sumber daya alam, bahan mentah, dan pasar baru untuk mempertahankan posisi mereka.

Photo Badminton tournament

Perdagangan timur-barat menjadi sangat populer pada masa itu, terutama karena pengaruh besar dari Kekaisaran Romawi Timur. Negara-negara Eropa melihat peluang besar dalam perdagangan ini dan mencoba untuk menemukan rute baru ke Asia untuk mengamankan pasokan rempah-rempah, kain sutra, dan barang mewah lainnya.

Modal kapitalis dan dukungan pemerintah

Salah satu faktor yang mempengaruhi ekspedisi negara-negara Eropa pada abad ke-15 adalah adanya modal kapitalis yang tersedia. Para pedagang, bankir, dan pengusaha di Eropa memiliki sumber daya finansial yang cukup untuk mendukung ekspedisi jauh ke seluruh dunia.

Modal kapitalis ini pada gilirannya didukung oleh pemerintah negara-negara Eropa. Pemerintah menyadari pentingnya perdagangan internasional bagi pertumbuhan ekonomi dan kekayaan negara mereka. Oleh karena itu, mereka memberikan dukungan finansial, perlindungan, serta hak istimewa kepada pedagang dan penjelajah yang melakukan ekspedisi.

Modal kapitalis dan dukungan pemerintah ini memberikan dorongan yang kuat bagi negara-negara Eropa untuk menjelajahi dunia baru dan mencari sumber-sumber ekonomi yang lebih menguntungkan.

Keinginan untuk menguasai perdagangan internasional

Negara-negara Eropa pada abad ke-15 juga memiliki keinginan kuat untuk menguasai perdagangan internasional. Mereka menyadari bahwa semakin besar pengaruh mereka dalam perdagangan internasional, semakin besar keuntungan ekonomi yang dapat mereka peroleh.

Penguasaan perdagangan internasional berarti negara tersebut dapat mengendalikan harga, memperoleh sumber daya alam yang berlimpah, serta menjalin hubungan politik dan ekonomi yang kuat dengan negara-negara lain. Dengan demikian, negara-negara Eropa berusaha untuk mendominasi perdagangan internasional agar dapat mengamankan posisi ekonomi dan politik mereka di kancah global.

Keinginan untuk menguasai perdagangan internasional juga terkait dengan dorongan untuk meningkatkan kekayaan nasional. Negara-negara Eropa pada saat itu menganggap ekspedisi dan eksplorasi ke dunia baru sebagai investasi jangka panjang yang akan menghasilkan keuntungan finansial yang besar. Mereka percaya bahwa dengan mengeksploitasi sumber daya alam di luar negeri, mereka dapat meningkatkan perekonomian nasional dan melebihi keberhasilan negara-negara pesaing.