HomeTeras DaerahRatusan Warga Kecamatan Arahan Kompak Bersihkan Eceng Gondok Penyebab Banjir

Ratusan Warga Kecamatan Arahan Kompak Bersihkan Eceng Gondok Penyebab Banjir

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com – Ratusan warga dari dua desa di Kecamatan Arahan kompak membersihkan eceng gondok yang selama ini dituding sebagai penyebab banjir. Eceng gondok yang sudah rimbun tersebut diketahui tumbuh persis di bawah jembatan Cidempet.

Sejak Sabtu (23/1/2021) pagi, masyarakat Desa Cidempet dan Linggajati, Kecamatan Arahan, turun ke sungai yang ditumbuhi eceng gondok tersebut. Sekian lama tidak dibersihkan, tumbuhan gulma tersebut agak sukar dicabut karena telah mengakar.

“Alhamdulillah, warga sekitar punya kesadaran untuk turun bergerak membersihkan eceng gondok ini. Meski tampak sulit, tapi karena bersama-sama jadi lebih mudah dikerjakan,” ungkap Penjabat Kuwu Cidempet, Siharudin.

Siharudin juga mengungkapkan eceng gondok itu merupakan penyebab banjir yang membuat hektaran sawah di Kecamatan Arahan terendam air. Sehingga, katanya, petani merugi karena lahan sawah tersebut sudah mulai ditanami.

- Advertisement -

Menurut pantauan Teraspendopo.com, warga secara inisiatif membawa alatnya masing-masing. Secara sukarela mereka turun dan mencabuti eceng gondok yang nyaris membuat badan sungai terlihat seperti lapangan hijau. Bahkan tumbuhan ini juga membuat alat irigasi di dekat jembatan tersebut sulit difungsikan.

Kuwu Desa Linggajati, Sukroni, yang terlibat dalam pembersihan tersebut juga mengamini apa yang disampaikan oleh Penjabat Kuwu Cidempet. Menurutnya keberadaan gulma tersebut cukup mengganggu saluran air, sehingga curah hujan yang tinggi membuat sawah jadi tergenang.

Selain lebih dari 200 orang warga yang terlibat, kegiatan pembersihan sungai ini juga diikuti oleh anggota TNI dan Polri setempat. Mereka bahu-membahu agar para petani dan warga sekitar sungai tak lagi terganggu akibat keberadaan eceng gondok.

- Advertisement -
Darto To
Darto adalah seorang pegiat sosial yang menggemari dan masih belajar dengan dunia tulis menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments