TerasPendopo.comTerasPendopo.com Informasi Aktual dan Terbaru

Viral di Facebook, Ibu-Ibu di Indramayu Ini Segel Kost-Kostan Perjam

Indramayu – Ibu-ibu berkerumun di sebuah kost-kostan yang terletak di Gang Anggrek RT 26 RW 06 Desa Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, pada Minggu (1/10/2023) pagi. Mereka membawa spanduk besar bertuliskan ‘Kost-Kostan Ini Ditutup Oleh Warga’, sebagai ekspresi penutupan rumah kost tersebut.

Aksi ibu-ibu ini juga viral di media sosial. Menurut sumber, alasan di balik aksi ini terkait dengan penyalahgunaan penginapan tersebut sebagai tempat prostitusi dengan sistem sewa per jam.

Kepala Seksi Pelayanan Desa Jatibarang Baru, Abdul, memaparkan bahwa masalah ini hanyalah puncak dari masalah serupa yang berulang. Sehubungan dengan itu, pondokan tersebut telah lama diduga sebagai sarang aktivitas prostitusi.

“Laporan tentang wanita yang tinggal di pondokan ini sering kami terima, di mana mereka kerap kedatangan tamu pria hingga larut malam, yang mengarah pada dugaan tindakan asusila. Ini jelas sesuatu yang sangat kami sesalkan,” kata Abdul.

Dia menambahkan bahwa pemilik pondokan seharusnya memikul tanggung jawab dan menetapkan peraturan yang ketat untuk pengunjung.

“Semua kami memiliki peran di sini, mulai dari ketua RT, RW, yang merupakan petugas lapangan pemerintah, hingga pemilik pondokan juga harus bertanggung jawab. Sebab dialah yang di akhir hari bertanggung jawab atas kondisi pondokannya. Mereka harus memperhatikan dan memantau penghuni mereka. Ada baiknya diatur waktu kunjungan tamu, bukan sekadar memastikan pondokan terisi penuh,” lanjut Abdul.

Selain itu Abdul berharap, petugas Sat Pol PP daerah setempat dapat rutin melakukan pemeriksaan ke sejumlah penginapan di Indramayu.

“Kami berharap Satpol PP akan lebih sering mengadakan inspeksi di lapangan, agar kita bisa meminimalkan aktivitas negatif di masyarakat dengan lebih efisien,” pungkas Abdul.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo, seorang peneliti dan lulusan S2 Antropologi Budaya dari Universitas Udayana, sering menulis di BudayaNusantara.co.id. Dengan penerapan teknik SEO, artikel-artikelnya tentang kebudayaan dan sosial Indonesia mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, menjangkau audiens yang lebih luas yang tertarik pada topik tersebut.

Press ESC to close