HomeTeras DaerahTanggul Kritis di Lohbener Butuh Penanganan Serius

Tanggul Kritis di Lohbener Butuh Penanganan Serius

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Masyarakat di sekitar aliran Sungai Cimanuk di Blok Tambak Emas, Desa Rambatan Kulon, Kecamatan Lohbener, dihantui rasa was-was. Pasalnya Tembok Penahan Tanah (TPT) yang menyangga tanggul sudah retak dan berlubang.

Hal ini berakibat debit air yang tinggi beberapa hari yang lalu membuat tanggul tersebut tak mampu menahan. Sehingga terjadi kebocoran air dari badan tanggul yang masuk ke sela-sela TPT.

“Untungnya masyarakat disini sigap dan segera menutup lubang-lubang tersebut dengan bahan seadanya,” ungkap warga setempat, Suwirno (42).

Saat ditemui Teraspendopo.com pada Kamis (11/02/2021) Suwirno menuturkan kalau tidak dilakukan penanganan serius dari pemerintah, bahkan debit air biasa saja mungkin bisa menyebabkan bencana.

- Advertisement -

Untuk sementara masyarakat menahan tanggul sebagai pendukung TPT dengan bahan-bahan darurat yang ada di sekitar. Misalnya karung yang berisi tanah, bebatuan, dan anyaman bambu.

Konstruksi darurat itu diuntungkan dengan debit air yang surut sejak kemarin. Warga lain yang sedang ada di lokasi, Karnoto (40), berharap agar tidak ada kiriman air yang besar seperti kemarin dari Bendungan Rentang sampai tanggul tersebut diperbaiki.

“Ya mudah-mudahan sih airnya normal saja. Tapi kalau tanggulnya masih seperti ini kita tetap was-was bagaimanapun debit air yang ada,” keluh Karnoto.

Kondisi yang nyaris sama juga terjadi kurang lebih satu kilometer dari tanggul di Blok Tambak Emas tersebut, yakni tanggul di Blok Ningkong. Namun kondisi tanggul di blok ini tidak separah di Blok Tambak Emas, meski sama-sama darurat dan membutuhkan penanganan serius.

- Advertisement -

Teraspendopo.com bermaksud meminta pendapat dari pemerintah setempat. Namun sampai berita ini diturunkan, Kuwu Desa Rambatan Kulon masih belum bisa ditemui oleh awak media.

- Advertisement -
Darto To
Darto adalah seorang pegiat sosial yang menggemari dan masih belajar dengan dunia tulis menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments