HomeTeras DaerahInilah Syarat Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan di SATPAS Indramayu

Inilah Syarat Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan di SATPAS Indramayu

- Advertisement -

Indramayu, TerasPendopo.com – Satuan Penyelenggaraan Administrasi (SATPAS) Surat Izin Mengemudi (SIM) Kabupaten Indramayu tetap melayani para pemohon SIM baru maupun perpanjangan meskipun hari Sabtu.

Hari Sabtu yang biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk liburan atau menghabiskan waktu bersama keluarga, tidak berlaku bagi para petugas SATPAS SIM di Indramayu. Seperti halnya Adit, salah seorang petugas kepolisian dari Polres Indramayu yang ditugaskan di gedung tersebut.

“Ya, Senin sampai Sabtu kita buka. Namun khusus Sabtu hanya setengah yakni dari jam 08.00 – 12.00,” ungkap Adit kepada TerasPendopo.com di kantornya pada Sabtu (2/1/2021) pagi.

Adit juga berharap agar masyarakat taat pada aturan yang berlaku, sehingga senantiasa rutin mengecek masa berlaku SIM masing-masing. Kalau masa berlakunya sebentar lagi habis, lanjut Adit, dimohon untuk segera melakukan perpanjangan. Jika terlambat melakukan perpanjangan, silakan mengajukan permohonan pembuatan SIM baru.

- Advertisement -

“Silakan penuhi persyaratan dalam memohon SIM baru maupun perpanjangan,” lanjut Adit.

Persyaratan pengajuan SIM baru dan perpanjangan sudah tertera cukup besar di lobi kantor SATPAS. Saat ini di seluruh wilayah hukum Indonesia, telah diberlakukan Smart SIM sejak akhir 2019, sehingga bagi para pemohn SIM baru ataupun perpanjangan akan mendapatkan SIM yang berbeda desainnya.

Berikut ini syarat untuk memohon SIM baru maupun perpanjangan:

  1. Foto copy KTP Asli;
  2. Dokumen keimigrasian bagi WNA;
  3. Surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk;
  4. Bukti pembayaran PNBP SIM;
  5. Mengisi formulir permohonan penerbitan SIM;

Masyarakat yang memohon SIM di SATPAS Indramayu ini merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Salah satu pemohon, Agus, dari Kecamatan Lohbener, juga mengakuinya.

- Advertisement -

“Iya, pelayanan disini lumayan lebih baik dari sisi antrean. Cuma saya tetap harus berangkat pagi sekali, mumpung hari libur kerja,” ujarnya.

- Advertisement -
Darto To
Darto adalah seorang pegiat sosial yang menggemari dan masih belajar dengan dunia tulis menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments