HomeTeras PendidikanSTAIS Dharma Indramayu Gelar KKN untuk Melestarikan Budaya Lokal

STAIS Dharma Indramayu Gelar KKN untuk Melestarikan Budaya Lokal

Indramayu, Teraspendopo.com – Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran (STAIS Dharma) menggelar pelepasan mahasiswa KKN Tahun 2020. Prosesi kegiatan ini bertempat di halaman STAIS Dharma Indramayu, Senin (4/01/2021) pagi.

KKN tersebut mengambil tema “Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal”. Kegiatan bersama masyarakat di bidang seni dan budaya ini ditujukan sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya lokal, sehingga dapat bertahan di tengah perkembangan jaman dan teknologi.

Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang seni dan budaya ini, diharapkan generasi-generasi muda dapat lebih menghargai dan mencintai seni dan budaya lokal.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua I STAIS Dharma Indramayu, Drs. H. Ilyas, MAB, Wakil Ketua III STAIS Dharma Indramayu, Burhanudin, M.Pd.I, beserta para panitia KKN Tahun 2020.

Wakil Ketua III STAIS Dharma, Burhanudin, M.Pd.I dalam sambutanya mengungkapkan bahwa mahasiswa KKN STAIS Dhrama Indramayu tahun 2020 ini melaksanakan KKN yang berlokasi di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Secara rinci ia menyebut wilayahnya terdiri dari dua desa, yakni Desa Tanjakan dan Desa Purwajaya.

“KKN ini memberi banyak dampak positif terhadap berbagai pihak. Selain bagi masyarakat yang dituju, juga bagi mahasiswa itu sendiri. Karena selain untuk pemenuhan tugas kuliah berupa KKN, juga untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat dengan platform pembelajaran sosial,” ungkap Burhanudin.

Burhanudin menambahkan KKN juga bisa menjadi salah satu ajang promosi STAIS Dharma Indramayu secara tidak langsung kepada masyarakat luas. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan satu di antara bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Selain itu beliau juga menjelaskan Mahasiswa sebagai agen perubahan yang berkewajiban untuk menerangkan dan melaksanakan protokoler kesehatan untuk menghindari Covid-19. Ia berharap mahasiswa benar-benar tulus untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Sementara itu Drs. H. Ilyas, MAB, selaku Wakil I STAIS Dharma Indramayu dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Menurutnya mahasiswa selayaknya berkomunikasi dengan tokoh masyarakat sekitar agar melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

“Mudah–mudahan KKN dengan tiga pola yang dijalankan oleh STAIS Dharma Indramayu menggapai sukses dan bisa mengharumkan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Segeran Pangeran Dharma Kusuma Indramayu di tengah- tengah masyarakat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments