HomeTeras TeknologiDisdukcapil Indramayu Rilis Si Pandan Ayu, Urus Dokumen Kependudukan Secara Online

Disdukcapil Indramayu Rilis Si Pandan Ayu, Urus Dokumen Kependudukan Secara Online

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Bupati Indramayu, Nina Agustina, beserta Wakilnya, Lucky Hakim, terus berupaya menunaikan janjinya satu-persatu. Kali ini melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terbit Si Pandan Ayu.

Si Pandan Ayu merupakan sebuah aplikasi berbasis Android yang dirilis oleh Disdukcapil untuk memudahkan pengurusan dokumen kependudukan secara online. Sehingga masyarakat yang tidak memiliki waktu maupun terhalang jarak bisa dimudahkan.

Si Pandan Ayu merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan Indramayu. Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Menu Si Pandan Ayu

Si Pandan Ayu memang tidak menyediakan seluruh layanannya secara online, namun paling tidak beberapa dokumen kependudukan yang secara rutin diurus oleh masyarakat sudah tersedia di aplikasi ini.

- Advertisement -

Anda bisa mengurus secara online untuk Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak, Perpindahan Penduduk di menu Si Pandan Ayu. Untuk kebutuhan perekaman dan pencetakan KTP elektronik, bisa dilakukan di kantor kecamatan masing-masing.

Nantinya setiap surat yang dimohonkan secara online ini, bisa dilakukan pencetakan secara mandiri dengan kertas HVS 80 gram. Hal ini sesuai dengan aturan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019.

Masyarakat menyambut baik keberadaan aplikasi ini. Salah satunya Wardani bin Sukardi yang berkomentar di akun Diskominfo Indramayu. Ia mengapresiasi atas hadirnya Si Pandan Ayu.

“Ini baru┬ámantap.. akhirnya pengurusan dokumen bisa online juga,” ungkap Wardani.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments