HomeTeras DaerahSetelah Tiga Hari, Dua Tangki Berhasil Dipadamkan

Setelah Tiga Hari, Dua Tangki Berhasil Dipadamkan

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Ledakan tangki yang disertai kebakaran di kilang Pertamina Balongan yang terjadi pada Senin lalu, kini memasuki hari ketiga. Setelah melakukan berbagai upaya, akhirnya dua dari empat tangki yang terbakar berhasil dipadamkan.

Dari empat tangki di area T-301 Kilang Balongan, tim pemadam yang terdiri dari internal pemadam Pertamina dengan Sudin Damkar Pemkab Indramayu berhasil memadamkan api di satu tangki sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi. Disusul kemudian satu tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB. Sekarang sisa dua tangki lagi yang masih terus dilakukan fire fighting.

“Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tangki T-301 H dan T-301 E. Dua tangki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan,” ungkap Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, dalam keterangan medianya pada Rabu (31/3/2021).

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan pemadaman api sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan sudah siap, dengan sasaran 2 tangki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

- Advertisement -

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada percikan atau sumber panas yang lain lagi.

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat empat tangki penyimpanan BBM. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan busa ke tanggul pembatas dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran.

“Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan upaya pemadaman api yang optimal, “pungkas Agus.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

1 COMMENT

  1. Udah ada penyelidikan blum? Knapa bisa terjadi? Kronologisnya gmn? Khan udah ada automatic valve. Penyebab apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments