HomeTeras Perjalanan4 Rumah Makan Pinggir Laut di Indramayu yang Wajib Dicoba

4 Rumah Makan Pinggir Laut di Indramayu yang Wajib Dicoba

- Advertisement -

Indramayu – Rumah makan pinggir laut di Indramayu memang cukup banyak. Namun soal popularitas, kenyamanan tempat, dan rasa makanannya hanya bisa dihitung dengan jari.

Sebagai wilayah bahari, Indramayu memang dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Beberapa tempat pelelangan ikan menjadi bukti sahih bahwa daerah ini memiliki pelaut yang tangguh.

Hal ini juga dikuatkan dengan beragam perahu yang bersandar di muara-muara sungai yang menjadi pintu masuk ke laut Jawa. Perahu-perahu tersebut berukuran belasan gross ton hingga puluhan dan ratusan gross ton. Semuanya sumber daya tersebut dipergunakan agar masyarakat di darat bisa menikmati hasil laut yang cukup.

Itulah salah satu alasan mengapa daerah yang disebut juga Kota Mangga ini memiliki banyak rumah makan dengan cita rasa laut. Mulai dari aneka ikan bakar, gulai ikan, dan beragam sea food yang sangat menggugah selera.

- Advertisement -

Buat yang baru ke kota ini dan mau mencicipi hidangan laut yang beraneka ragam, penting kiranya buat mengetahui rumah makan mana saja yang terjamin rasanya. Sebab ada banyak sekali rumah makan yang menawarkan sajian laut namun dari segi tempat, rasa, dan harga tidak memiliki jaminan kualitas.

Untuk itulah Teras Pendopo kali ini menyajikan rumah makan pinggir laut di Indramayu yang perlu kamu coba ketika berkunjung ke kota dengan penduduk 1,8 juta jiwa ini.

Rumah Makan Panorama

Rumah Makan Panorama ini boleh disebut rumah makan sajian laut yang paling populer buat orang yang baru berkunjung ke Indramayu. Berbagai kalangan, baik artis, pejabat, pengusaha, hingga mereka yang hanya mampir ke sanak saudara pasti menjadikan rumah makan ini sebagai tujuan utama.

Rumah makan ini menawarkan macam-macam ikan laut bakar, cumi dan udang bakar, kerang tumis, dan yang paling populer adalah endas manyung. Makanan yang terakhir ini merupakan gulai khas Indramayu. Gulai tersebut terbuat dari kepala ikan manyung dengan bumbu khas yang merupakan paduan rasa agak pedas, asam, dan gurih.

- Advertisement -

Lokasi Rumah Makan Panorama memang tidak terlalu ke pinggir laut, namun jaraknya dengan laut tak begitu jauh. Hanya berkisar 200 meter saja. Rumah makan ini terletak di Desa Tambak, Kecamatan Indramayu. Jalur masuknya dari Bunderan Kijang ke arah Desa Karangsong. Letaknya hampir persis di perbatasan antara Desa Tambak dan Karangsong.

Rumah Makan Mina Ayu

Rumah Makan Mina Ayu merupakan tempat makan yang betul-betul di pinggir laut. Kamu bisa mendengarkan deru ombak dan suara angin laut berdesir saat makan. Bahkan beberapa panggung tempat makannya memang persis berada diatas air laut.

Hidangan yang disajikan disini tidak berbeda dengan rumah makan yang lainnya. Kamu bisa menemukan aneka ikan dan hewan laut lain yang dibakar, dan ada juga semacam salad yang bernama karedok yang cukup kondang di rumah makan ini.

Rumah makan ini terletak di Desa Limbangan, Juntinyuat. Persisnya berada di ujung muara dari sungai-sungai kecil yang mengalir di Kecamatan Juntinyuat. Lokasinya sekitar 200 meter tak jauh dari jalan raya nasional yang menghubungkan antara Indramayu dengan Cirebon.

Rumah Makan Saung Song

rumah makan pinggir laut di indramayu

Buat yang mau mencoba nuansa etnik dan menikmati pengalaman makan di atas rumah bambu dengan dikelilingi tanaman bakau, maka Rumah Makan Saung Song tempatnya.

Sajian sea food disini memang tak berbeda dengan tempat lain. Namun karakteristik tempat yang dibangun di rumah makan ini tentu bisa meningkatkan pengalaman kuliner kamu.

Apalagi dalam perjalanan kesini Anda bisa menikmati perahu-perahu sebesar rumah tinggal, tempat pelelangan ikan Karangsong yang terkenal, Pantai Karangsong dan Wisata Mangrove.

Rumah makan ini terletak di muara Sungai Prajagumiwang, Karangsong. Jika Anda berasal dari Jakarta, maka temukan alun-alun Indramayu saja, kemudian masuk dari arah patung 0 KM menuju Jalan Siliwangi Paoman, dan silakan lurus saja menuju Pantai Karangsong.

Rumah Makan Perdut Glayem

Glayem ini nama pantai sekaligus sebuah blok di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Pantai Glayem memang cukup terkenal sejak lama. Ia menjadi alternatif wisata setelah Pantai Tirtamaya yang mulai ditinggalkan saat itu. Apalagi telah berdiri sebuah rumah makan dengan nama yang sama, Rumah Makan Glayem.

Rumah Makan Glayem ini terletak sebelum tempat wisata pantainya. Konsepnya hampir sama dengan rumah makan yang lain, yakni rumah makan dengan hidangan laut yang dipadukan dengan nuansa pantai yang sangat kental.

Sajiannya juga tentu sama dengan tempat makan yang lain. Ada aneka ikan bakar, serta hewan laut lainnya yang dibakar. Semuanya menggoda selera jika kamu memang penyuka hidangan laut.

Lokasinya berada di sekitaran Pantai Glayem. Namun letaknya sebelum masuk ke area lokasi wisata tersebut. Jarak dari jalan raya nasional penghubung Indramayu-Cirebon pun tak jauh, hanya kurang dari 100 meter saja.

Demikianlah rumah makan pinggir laut di Indramayu yang wajib kamu coba. Adakah salah satu diantaranya yang sudah kamu kunjungi? Cerita yuk bagaimana pengalamannya.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments