HomeTeras PendidikanRokhmin Dahuri: Unwir Punya Potensi dan Saya Siap Membantu

Rokhmin Dahuri: Unwir Punya Potensi dan Saya Siap Membantu

Indramayu, Teraspendopo.com Kalau Pemerintah ingin memajukan Indonesia, kuncinya adalah pembangunan sumber daya manusia. Penguasaan teknologi dan sains harus maju agar kebutuhan bangsa bisa dihasilkan sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.Si. saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Wiralodra Indramayu pada Rabu (16/6/2021).

“Sebuah negara dikatakan maju jika bisa menguasai teknologi dan sains, lebih dari 70% kebutuhan bangsa itu bukan diimpor tapi dihasilkan dari bangsa sendiri,” ujar Rokhmin Dahuri.

Dalam kesempatan itu Rokhmin Dahuri juga menyarankan Universitas Wiralodra untuk fokus pada dua bidang jika ingin bersaing di era industri 4.0, yakni bidang bio technology dan nano technology.

“Saran saya Pak Rektor, kalau Unwir ingin fokus dibidang industri 4.0, please fokus di dua bidang itu Pak, bio technology dan nano technology. Nanti saya bantu habis-habisan,” imbuh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di era Kabinet Gotong Royong ini.

Rokhmin juga menyambungkan apa yang dikatakan sebelumnya oleh Rektor Universitas Wiralodra, Ujang Suratno. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Wiralodra menyampaikan bahwa era industri 4.0 ditandai dengan teknologi yang begitu cepat.

“Di era industri 4.0 yang begitu cepat ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi seperti Grab, Gojek, dan lain sebagainya,” ungkap Ujang Suratno

Dunia pendidikan harusnya menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan kemampuan manusia dalam perubahan yang begitu masif maka dari itu dunia pendidikan harus dituntut meningkatkan mutu yang berbasis teknologi.

“Maka dari itu kami sadar ketika terjadinya globalisasi dan revolusi Industri dari 3.0 ke 4.0 penguatan kelembagaan, kami juga sudah menerapkan sistem penjaminan mutu baik sistem penjaminan mutu internal dan sistem penjaminan mutu ekstrenal yang berbasis teknologi,” kata Ujang.

Dalam Kuliah Umum yang bertajuk “Peningkatan Peran dan Kontribusi Unwir dalam Pembangunan Bangsa di Era Industri 4.0 dan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Maju, Adil, Makmur, dan Berdaulat” ini dihadiri oleh Civitas Akademika Universitas Wiralodra dalam jumlah yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments