HomeTeras PendidikanPuluhan Mahasiswa Jawa Barat Ikuti Sekolah Kader PMII

Puluhan Mahasiswa Jawa Barat Ikuti Sekolah Kader PMII

Indramayu, Teraspendopo.com KOPRI PC PMII Indramayu menyelenggarakan Sekolah kader kopri (SKK) dan pelatihan fasilitator se – Jawa Barat, bertempat di Gedung KBIH NU Widasari Indramayu selama 5 hari, yakni 17 – 21 Februari 2021.

Peserta kegiatan merupakan utusan dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Subang, Indramayu, Cirebon, dan Kuningan.

Ketua pelaksana kegiatan, Watini, mengatakan semoga kedepannya para perempuan khususnya kopri bisa ikut serta menjadi penggerak dalam optimalisasi gerakan kopri dalam meningkatkan kesadaran kolektif untuk pemberdayaan perempun daerah.

Sementara itu Ketua KOPRI PC PMII Indramayu, Ristiani, mengatakan kiprah kaum perempuan dalam pembangunan sangatlah diperlukan.

Ia menjelaskan bahwa kaum perempuan memiliki hak dan kesempatan yang
sama. Namun terdapat suatu kenyataan bahwa beban yang kini dihadapi oleh kaum perempuan amatlah berat.

Sebut saja kasus-kasus seperti angka kematian ibu melahirkan atau masalah akses terhadap layanan kesehatan yang baik, angka buta huruf atau keterbelakangan dalam pendidikan, masalah kemiskinan dan kelangkaan lapangan pekerjaan bagi perempuan, sampai dengan masalah kekerasan yang kerapkali menimpa kaum perempuan, baik kekerasan dalam rumah tangga ataupun kekerasan lain di luar rumah.

Untuk itulah, menurutnya, kaum perempuan harus mampu mengambil peran strategis dalam proses pembangunan. Sebagaimana yang dimaksudkan oleh Bung Karno, agar kaum perempuan ikut memastikan arah gerak negara. Sehingga kaum perempuan mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia yang mulia.

Ketua PC PMII Indramayu, Raka Indra lukmana, Menegaskan kedaulatan dan kemandirian perempuan harus di mulai dari SKK ini. Sehingga kegiatan ini harus menjadi wadah KOPRI untuk memenuhi kapasitas diri dan yang mempu menjadi penggerak kedepannya nanti.

Mabincab PC PMII Indramayu, Dewi Nurmalasari, mengungkapkan perempuan harus bergerak di manapun dia berada, sudah harus melek dengan isu isu perempuan, dan KOPRI juga harus mampu untuk menjadi penggerak perempuan daerah. Terakhir menurutnya perempuan juga harus mandiri secara ekonomi.

Tujuan kegiatan ini peserta Mampu mengembangkan kualitas output kaderisasi di tingkatan basis kopri, membentuk kader yang progresss keilmuan dan memiliki komitmen terhadap pergerakan.

Peserta dan pemateri semuanya masksimal, SKK dan pelatihan fasilitator ini menghadirkan tim kaderasi kusus dari KOPRI PKC PMII JABAR, di topang dengan pemateri yang expert sesuai dengan bidangnya, baik dari akademisi, ilmuan, dan aktivis.

KOPRI PC PMII Indramayu telah mengusahakan memunculkan adanya KOPRI yang mampu masuk kesemua leading sector gerakan.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments