HomeTeras PerjalananPulau Biawak, Tempat Wisata Alam yang Eksotis di Indramayu

Pulau Biawak, Tempat Wisata Alam yang Eksotis di Indramayu

Indramayu – Indonesia merupakan negara luas yang memiliki beragam pulau, salah satunya Pulau Biawak di Indramayu. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang eksotis, sehingga seringkali dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini berada di sebelah utara semenanjung Indramayu, dari Pantai Utara Indramayu sekitar 40 km.

Tempat wisata Indramayu yang satu ini mempunyai luas sekitar 120 hektar di mana 40 hektar merupakan pantai dan 80 hektar nya merupakan hutan bakau. Tempat ini masih sangat alami dan belum ada pembangunan infrastruktur, sehingga terdapat beberapa kekurangan seperti sarana toilet minim, jauh dari tempat penginapan, jalan rusak dan lainnya. Meskipun begitu, tempat ini cocok bagi Anda yang ingin merefleksikan diri dari riuhnya kota.

Tempat wisata pantai biawak ini juga cocok untuk backpacker, mengingat tujuan wisata di sini biasanya untuk melihat mercusuar berumur 140 tahun lebih, melihat biawak berukuran besar secara langsung, menikmati hutan pinus, hutan bakau dan pulau gosong.

Melihat Biawak

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dengan tujuan melihat biawak besar dari dekat. Makanya tidak heran jika dikenal sebagai pulau biawak. Setidaknya terdapat 300 biawak lebih yang berada di area pulau ini.

Pasalnya biawak di sini juga telah terbiasa dengan hadirnya manusia yang banyak, sehingga mereka tidak takut atau malu ketika didekati manusia. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada agar biawak tidak terganggu dan menggigit Anda.

Dekat Pulau Gosong

Pulau Gosong juga menjadi area yang disukai oleh pengunjung. Pulau ini merupakan daratan dangkal yang berbentuk cincin dan di tengahnya terdapat karang. Anda bisa melakukan diving atau snorkeling, serta menikmati hutan pinus dan hutan bakau udah di kawasan ini. Di hutan tersebut juga terdapat banyak satwa yang bisa Anda lihat, salah satunya burung-burung yang berterbangan.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai pulau biawak yang merupakan tempat wisata alam yang eksotis di Indramayu. Agar lebih seru saat menikmati pesona alamnya, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini bersama keluarga, teman atau kerabat lainnya.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments