Home Teras Daerah Karang Taruna Kabupaten Indramayu Siapkan 4 Program Unggulan

Karang Taruna Kabupaten Indramayu Siapkan 4 Program Unggulan

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu sedang menyiapkan program unggulan sebagai bagian dari rencana kerja pasca pelantikan nanti. Program unggulan ini merupakan hasil penjajakan dengan Rumah Sahabat Desa.

Pertemuan antara kedua pihak yang dilaksanakan pada Rabu (3/2/2021) di RM Rumah Mertua, juga dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Institute, pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Cirebon.

Selain sebagai wahana anjangsana, pertemuan ini juga menghasilkan empat program unggulan sektor ekonomi yang sedianya bakal dilaksanakan setelah pelantikan Karang Taruna Kabupaten Indramayu. Empat program itu antara lain Wardes, Pendampingan UMKM, LAKU BCA, dan Financial Literacy.

4 Program Unggulan

Wardes alias Warung Desa merupakan warung berbasis aplikasi digital yang akan menyediakan aneka produk kebutuhan sehari-hari, seperti PPOB dan produk keuangan mikro. Wardes ini akan menjadi penghubung antara desa dengan kota.

- Advertisement -

Nantinya pengelola Wardes akan didampingi melalui program Pendampingan UMKM agar para pengelolanya mampu menjual produk UMKM agar bisa tembus dan dijual di marketplace ternama, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya.

Yang ketiga adalah Laku BCA. Program ini merupakan salah satu program dari Wardes, dimana rekening untuk perorangan bisa langsung dibuka melalui Wardes tanpa melalui kantor cabang BCA.

Program unggulan yang terakhir adalah Financial Literacy yang akan menyasar masyarakat luas terutama warga Karang Taruna. Program ini ditujukan agar masyarakat mampu mengelola uangnya.

Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Mohamad Satria, mengapresiasi program tersebut. Pasalnya Karang Taruna merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan perekonomian warganya.

- Advertisement -

“Kalau ini berhasil, tentu bisa menjadi role model bagi Karang Taruna lain di Jawa Barat,” ungkap Mohamad Satria.

Salah satu Karang Taruna yang sudah menjalankan program keempat atau program Financial Literacy adalah Karang Taruna Kabupaten Cirebon. Ketuanya, Mawa Bagja, mengatakan kegiatan ini bagus sehingga akan dilanjutkan agar kedepan lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Syaefudin, yang berhalangan hadir namun bisa dihubungi melalui sambungan telepon menyampaikan apresiasinya terhadap program semacam ini. Namun ia juga menyampaikan bahwa hal ini perlu dibahas lebih lanjut.

“Nanti kita bahas bentuknya seperti apa dan MoU-nya juga. Setelah itu akan dilaksanakan pasca pelantikan,” ungkap Syaefudin yang juga Ketua DPRD Indramayu ini.

Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Tarmudi, berharap kegiatan ini bisa berdampak pada peningkatan ekonomi warga Karang Taruna secara umum. Apalagi, menurutnya, pandemi Covid-19 saat ini membuat ekonomi cukup lesu.

“Harapannya seluruh pengurus Karang Taruna bisa menjadi pengelola Wardes,” ungkap Tarmudi.

Sebelumnya Tarmudi, yang juga Penjabat Kuwu Cangkring Kecamatan Cantigi ini, juga mengajak para tamu itu untuk mengelilingi Desa Cangkring yang terletak di pesisir Indramayu itu. Sembari mengenalkan potensi wisatanya, mereka juga disuguhi ikan bandeng imlek bakar.

- Advertisement -
Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments