Prinsip Coaching Yang Diwujudkan Dengan Membangun Kesetaraan Antara Coach Dan Coachee, Tanpa Ada Yang Merasa Lebih Tinggi Atau Lebih Rendah Diantara Keduanya Adalah ….


Menghargai peran coachee

Dalam prinsip coaching yang diwujudkan dengan membangun kesetaraan antara coach dan coachee, sangat penting untuk menghargai peran coachee dalam proses coaching. Coachee memiliki pengetahuan dan pengalaman yang unik, dan sebagai seorang coach, penting untuk mengakui dan menghormati hal ini.

Saat berinteraksi dengan coachee, jadilah pendengar yang aktif dan berempati. Dengarkan dengan seksama apa yang coachee sampaikan dan berikan tanggapan yang menghargai perspektif dan pemikiran mereka.

Photo Badminton tournament

Jangan menganggap coachee sebagai “orang yang kurang” atau “belum mengerti.” Ingatlah bahwa setiap individu memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa, dan tugas seorang coach adalah membantu coachee mengembangkan potensi mereka.

Pendekatan coaching yang inklusif

Pendekatan coaching yang inklusif adalah salah satu prinsip penting yang harus diwujudkan dalam proses coaching. Pendekatan ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan melibatkan semua pihak dalam proses coaching.

Sebagai seorang coach, penting untuk menciptakan ruang di mana coachee merasa dihargai, didengar, dan diakui. Hormati perbedaan dan keberagaman yang ada dalam kelompok coachee Anda. Jadikan lingkungan coaching sebagai tempat di mana setiap orang merasa nyaman untuk berbagi ide, pandangan, dan pengalaman mereka.

Ingatlah bahwa inklusivitas bukan hanya tentang menerima keberagaman, tetapi juga tentang menghargai dan memanfaatkannya. Jadilah proaktif dalam membangun hubungan yang inklusif dengan coachee dan membantu mereka merasa termotivasi dan termasuk dalam proses coaching.

Membuka ruang untuk pemahaman coaching

Membuka ruang untuk pemahaman coaching adalah prinsip coaching lain yang penting untuk diwujudkan. Ini melibatkan menghargai dan memahami bahwa setiap coachee memiliki latar belakang, kebutuhan, dan harapan yang unik terkait dengan coaching.

Sebelum memulai proses coaching, luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan coachee dan mendengarkan apa yang mereka harapkan dari coaching. Terlibat secara aktif dalam percakapan ini dan berusaha memahami perspektif dan tujuan coachee.

Setelah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang coachee dan harapannya, Anda dapat merancang sesi coaching yang sesuai dan relevan. Jadilah fleksibel dalam pendekatan coaching Anda dan beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi individu coachee.