HomeTeras DaerahHektaran Sawah Terendam, Petani di Lohbener Merugi

Hektaran Sawah Terendam, Petani di Lohbener Merugi

Indramayu, Teraspendopo.com – Sejumlah petani penggarap hektaran lahan sawah di Desa Larangan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, terancam mengalami kerugian. Pasalnya bibit padi yang baru ditanam rusak terkena banjir.

“Iya kalau terendam air sperti ini bibit juga rusak. Ya harus ditanam ulang kembali,” terang Maman, salah satu petani setempat saat ditemui Teraspendopo.com.

Maman menambahkan banjir yang merendam hektaran areal sawah warga di Desa Larangan ini terjadi setiap tahun. Namun tampaknya banjir kali ini cukup masif.

Genangan air ini telah terjadi sejak dua hari yang lalu. Sehingga menurut Maman agak mustahil bibit padi yang sudah disemai itu bisa bertahan. Sebab bibit tersebut hanya bisa bertahan satu hari saja.

“Tahun lalu kami menanam dua kali. Namun karena terendam banjir, padi tersebut tidak tumbuh dan kami merugi,” keluh Maman.

Meski tak bisa merinci nominal yang pasti, namun Maman mengaku sudah keluar biaya banyak untuk tanam padi. Misalnya untuk membeli bibit, membayar pekerja, dan biaya menyiapkan lahan.

Mengingat kejadian seperti ini setiap tahun, Maman berharap ada solusi dari pemerintah. Ia berharap ada perbaikan-perbaikan agar tidak banjir lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments