HomeTeras BisnisPetani Jeruk Segeran Butuh Perhatian

Petani Jeruk Segeran Butuh Perhatian

- Advertisement -

Indramayu – Siang yang terik itu, Mangruf masih saja menyisir kebun jeruknya. Dengan kaos oblong khas petani desa, dan topi untuk sekadar mengurangi cuaca panas, matanya jeli memperhatikan dengan seksama jeruk mana yang bakal dipetiknya.

Mangruf adalah satu dari sekian banyak petani jeruk di wilayah Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pada Senin (28/09/2020) siang, Teraspendopo.com menyambangi kebun jeruknya. Pria berusia jelang 40 tahunan ini memaparkan kondisi yang dialaminya.

“Kami masih banyak kendala di pemasaran dan permodalan,” ungkap Mangruf.

Ia menuturkan kalau jeruk yang berasal dari Segeran masih belum banyak dilirik oleh pasar. Terlebih lagi menurutnya jeruk Segeran yang notabene merupakan jenis jeruk siam masih kalah oleh jeruk impor yang lebih murah dan bervariasi.

- Advertisement -

Apalagi pemerintah memang belum banyak memberikan uluran modal maupun bantuan secara teknis untuk perkembangan budidaya jeruk tersebut. Segala sesuatunya masih dilakukan oleh petani jeruk sendiri, seperti yang sudah dilakukan oleh Mangruf.

Mangruf berharap, paling tidak jeruk segeran diakui sebagai bagian penting dari hasil bumi di Indramayu. Sebab selama ini orang-orang mengenal Indramayu sebagai kota penghasil mangga. Sementara itu hasil bumi berupa jeruk seperti tersisih.

“Kalau sudah dikenal luas, tentu lebih baik dari sisi pemasaran,” terang Mangruf.

Mangruf mengakui beberapa waktu ini jeruk segeran sedang naik pamor saat warga Segeran menolak proyek seismik dari Elnusa. Dan menurutnya itu hal yang positif. Namun viralnya jeruk segeran saat itu hanya momentum sesaat.

- Advertisement -

Terakhir, sekali lagi, pria yang menanam 95 batang pohon jeruk sejak tahun 2017 di tanah seluas 1600 meter persegi ini memang cukup berharap banyak kepada pemerintah. Harapannya agar pihak berwenang bisa bersama-sama membuat agar jeruk lokal yang ditanamnya bisa bersaing di pasar.

- Advertisement -
Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments