HomeTeras DaerahPertamina Larang Wartawan Meliput Saat Penetapan Ganti Rugi Proyek Petrochemical

Pertamina Larang Wartawan Meliput Saat Penetapan Ganti Rugi Proyek Petrochemical

Indramayu, Teraspendopo.com Pertamina melarang wartawan melakukan liputan ketika ada musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian dan penyampaian hasil bidang untuk pembangunan Petrochemical Complex di halaman belakang kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indramayu, Senin (16/03/2021).

Pada kegiatan musyawarah untuk proyek yang akan dilaksanakan di Desa Sukaurip, Tegalsembadra, dan Sukareja, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat tersebut, pihak Pertamina melarang Wartawan untuk meliput.

Kepada wartawan, perwakilan Pertamina yang mengaku bernama Revo berdalih musyawarah tersebut tertutup dan yang diperbolehkan masuk hanya pemilik bidang yang memiliki undangan.

“Jadi hanya pemilik bidang yang punya undangan yang boleh masuk pak,” kata Revo di gerbang BPN Kabupaten Indramayu.

Menurut Revo, dia hanya pengikuti perkataan atasannya yang bernama Yuda yang merupakan karyawan Pertamina Pusat bagian aset. Perintah tersebut, katanya, menyebutkan wartawan tidak boleh masuk untuk meliput kegiatan tersebut.

“Kata atasan saya kaya gitu pak, Mas Yuda Pertamina Pusat, sebagai di aset pak,” kata Revo sambil pergi meninggalkan beberapa wartawan di lokasi.

Sementara itu salah satu undangan yang hadir, Sirojudin, saat diminta tanggapannya soal pelarangan media untuk masuk dan meliput pada kegiatan musyawarah itu mengatakan media seharusnya boleh masuk untuk meliput kegiatan tersebut, apalagi sekarang ada undang- undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Wakil Ketua DPRD, Sirojudin, yang berada di lokasi musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian dan penyampaian hasil bidang untuk pembangunan Petrochemical Complex di halaman belakang kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indramayu, Senin (16/03/2021).

“Tapi saya pikir, kalau menurut saya inikan keterbukaan publik, semua media boleh,” terang Sirojudin di halaman kantor BPN Kabupaten Indramayu.

Sirojudin melanjutkan, kalau di DPRD tidak pernah mempermasalahkan. Karena ada undang-undang keterbukaan publik, jadi media boleh meliput untuk mencari informasi yang akurat.

Perlu diketahui Sirojudin adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat.

Kehadiran Sirojudin di kegiatan tersebut mewakili Ketua DPRD untuk menghadiri musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian dan penyampaian hasil bidang untuk pembangunan Petrochemical Complex di tiga Desa yang berada di kecamatan Balongan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments