Home Teras Daerah Pergunu Indramayu Ajak Para Guru Untuk Budidaya Porang

Pergunu Indramayu Ajak Para Guru Untuk Budidaya Porang

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Persatuan Guru NU (Pergunu) Kabupaten Indramayu Ketua Pergunu Kabupaten Indramayu mengadakan “Sosialisasi dan Pembekalan keilmuan tentang Budidaya TANAMAN PORANG” di Aula DR. KH. Idham Khalid Kampus Hijau Kaplongan, pada Jum’at (15/01/21).

Hadir pada kesempatan itu Anggota DPR RI Komisi V, Dedi Wahidi, Ketua Pergunu Kabupaten Indramayu, Munaji Asaufani, petani porang, H. M. Sayidi Indramayu, dan Pemateri Budidaya Porang Sofyan Zaeni.

Ketua Pergunu Indramyu, Munaji Asaaufani mendorong guru – guru NU untuk membudidaya tanaman umbi-umbian porang sebagai bagian dari upaya memperkuat sektor pertanian di tengah pandemi COVID-19 khususnya diwilayah Pantura.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sayidi. Menurutnya Porang yang merupakan tanaman umbi-umbian saat ini menjadi komoditas yang menjanjikan. Tidak hanya berpeluang menjadi komoditas ekspor, porang juga memiliki nilai jual tinggi. Dulu porang ini dianggap makanan ular, tapi sekarang sudah tidak. Bahkan sudah banyak kisah sukses petani porang.

- Advertisement -

Sementara itu H. Dedi Wahidi sebagai anggota DPR RI komisi V Menyambut baik dan mendukung penuh Pergunu Indramayu yang telah memprakarsai sosialisasi dan pembekalan keilmuan budidaya porang, kondisi ini tentu menjadi peluang bagi Guru untuk mengembangkan porang. Apalagi masih banyak lahan subur di Indramayu yang dapat dimanfaatkan untuk menanam porang, bahkan Dedi juga memprakarsai studi banding budidaya porang ke daerah lain, bahkan juga siap untuk memfasilitasi kendaraan dan akomodasinya jika diperlukan.

Sofyan Zaeni, petani sukes porang sekaligus pemateri, mengatakan ada beberapa macam sejenis porang. Keempat jenis tanaman lain yang sangat mirip dengan porang, kata Sofyan, yakni suweg, iles-iles, walur, dan blodor. Keempat tanaman itu, sama dengan porang yakni tumbuhan liar di hutan.

Porang sendiri dikenal dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus Muelleri. Porang dapat digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, dan penjernih air.

“Kalau lihat khasiatnya, ini sangat banyak dan mungkin lebih dari ini. Kesempatan emas harus kita manfaatkan dengan baik, ujar Zaeni.

- Advertisement -

Menurut dia, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19. Ketika semua sektor terpukul pandemi, pertanian justru mengalami pertumbuhan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments