HomeTeras DaerahTerkait Penertiban APK Liar, Panwascam dan Satpol PP Saling Lempar

Terkait Penertiban APK Liar, Panwascam dan Satpol PP Saling Lempar

- Advertisement -

Indramayu – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa spanduk, baligho, maupun banner di tempat umum terkadang belum sesuai dengan zonasi. Hal ini juga terjadi di wilayah Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu. Namun terkait APK liar ini, Panwascam Arahan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) saling melempar tanggung jawab.

Berdasarkan pantauan Teraspendopo.com, di sepanjang Jalan Raya Arahan masih banyak APK yang dipasang sembarangan tak sesuai zonasi. Bahkan sebagian diantaranya dipasang di pohon. Selain melanggar ketentuan yang diatur dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2020, keberadaan APK di pohon juga merusak lingkungan.

Saat dikonfirmasi, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Arahan yang diwakili stafnya, Muhammad Hamzah, menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para tim kampanye pasangan calon di tingkat kecamatan. Sosialisasi itu juga dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.

“Kami tidak kurang-kurangnya melakukan sosialisasi kepada para tim sukses kontestan Pilkada ini,” ungkap Hamzah.

- Advertisement -

Ia juga menjelaskan eksekutor penertiban APK berada di tangan Satuan Polisi Pamong Praja di Kecamatan Arahan. Sehingga pihaknya hanya melakukan koordinasi kepada mereka.

Ketika dihubungi, personel Satpol PP Kecamatan Arahan, H. Siharudin, membantah kalau pihaknya telah dikoordinasikan terkait APK ilegal yang bertebaran di Kecamatan Arahan. Sampai saat ini tidak ada surat yang masuk untuk melakukan penertiban tersebut.

“Personel kami cuma dua orang. Jika mau penertiban, silakan layangkan surat kepada kami dan untuk pelaksanaannya mesti dibantu oleh rekan-rekan Panwascam juga,” ungkap pria yang akrab disapa Kaji Kace ini pada Kamis (29/10/2020).

Kaji Kace juga mengimbau agar para tim kampanye pasangan calon yang bertarung di Pilkada Indramayu ini untuk tertib dalam memasang APK masing-masing. Jangan sampai ketika susah-payah dipasang, harus dibongkar pihaknya.

- Advertisement -
Darto To
Darto adalah seorang pegiat sosial yang menggemari dan masih belajar dengan dunia tulis menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments