HomeTeras DaerahPenegakan Hukum Tanpa Publikasi Media Massa Dianggap Nol

Penegakan Hukum Tanpa Publikasi Media Massa Dianggap Nol

Indramayu, Teraspendopo.com Penegakan hukum tanpa adanya publikasi media massa, bisa dianggap tidak ada artinya. Hal ini disampaikan Kasubsi B Intel Kejaksaan Negeri ( Kejari) Kabupaten Indramayu, Ivan Day Iswandi, di Hotel Wiwi Perkasa 2 Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Jumat (26/03/2021).

“Penegakan hukum tanpa media massa nol, bahkan seiring dengan perkembangan media massa saat ini pimpinan dalam setiap kesempatan menghimbau agar dalam setiap aktivitas yg dilaksanakan sedapat mungkin harus dipublikasikan sepanjang mmang hal tersebut dapat dipublikasikan, mengingat suatu penegakan hukum berada dalam posisu sentral dalam suatu lingkaran antara masyarakat, media massa, pemuda dan mahasiswa,” kata Ivan.

Lanjut Ivan, media massa, merupakan salah satu instrumen sosial kontrol dalam suatu penegakan hukum, namun tentunya memgingat kita hidup di negara hukum, segala sosial kontrol tersebut harus pula dilakukan secara berimbang sehingga cek dan ricek harus berjalan.

Masih di tempat yang sama, saat ditanya Standar Oprasional Prosedur (SOP). Jika ada jurnalis yang akan meliput atau ingin mengkonfirmasi pihak Kejaksaan.

“Kejaksaan membuka pintu yang seluas luasnya, apabila ada rekan rekan media massa yg ingin melakukan liputan serta konfirmasi terkait tugas dan kewenangan kejaksaan. Khususnya Kejaksaan Negeri Indramayu. Namun, tentunya sebagai pihak yg sama sama menjalankan suatu profesi,” terang Ivan.

Masih menurut Ivan, pelaksanaan peliputan dan klarifikasi, alangkah baiknya apabila melalalui mekanisme yang ditentukan. Antara lain terlebih dahulu diajukan permohonan terkait isi pokok persoalan dan atau materi peliputan, di samping itu permohonan diajukan beberapa hari sebelum pelaksaan, sehingga tidak terkesan mendadak. Ya bisa maksimal tujuh hari sebelum pelaksanaan wawancara atau audensi dan peliputan,” ungkap Ivan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments