TerasPendopo.comTerasPendopo.com Informasi Aktual dan Terbaru

Pendaftaran Gelombang 2 UNINDRA Masih Dibuka! Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!

Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang. Proses penerimaan mahasiswa baru di UNINDRA dilakukan melalui beberapa gelombang pendaftaran. Artikel ini akan memberikan informasi tentang periode pendaftaran gelombang kedua UNINDRA, persyaratan dan ketentuan pendaftaran, jenis program studi yang tersedia, biaya pendaftaran dan pembayaran, cara pendaftaran online, fasilitas yang disediakan oleh UNINDRA, jadwal seleksi masuk perguruan tinggi, tips sukses dalam seleksi masuk perguruan tinggi, jenis tes yang akan dilakukan dalam seleksi masuk, dan keuntungan bergabung dengan UNINDRA.

Ringkasan

  • Periode pendaftaran gelombang 2 UNINDRA dimulai pada tanggal 1-30 Juni 2021.
  • Syarat dan ketentuan pendaftaran meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk masing-masing program studi.
  • UNINDRA menyediakan berbagai jenis program studi, seperti Teknik Informatika, Akuntansi, dan Manajemen.
  • Biaya pendaftaran dan pembayaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi UNINDRA.
  • Cara pendaftaran online dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan.

Periode Pendaftaran Gelombang 2 UNINDRA

Periode pendaftaran gelombang kedua UNINDRA dimulai pada tanggal 1 Juli 2021 dan berakhir pada tanggal 31 Juli 2021. Selama periode ini, calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran online melalui website resmi UNINDRA. Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon mahasiswa harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- melalui transfer bank atau metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh UNINDRA.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Untuk dapat mendaftar di UNINDRA, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, calon mahasiswa harus lulus SMA atau sederajat dengan nilai yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UNINDRA. Kedua, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA atau sederajat yang sah. Ketiga, calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran online dan membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon mahasiswa akan menjalani seleksi masuk perguruan tinggi yang terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis meliputi tes kemampuan akademik, tes kemampuan bahasa Inggris, dan tes psikologi. Wawancara dilakukan untuk menilai kemampuan komunikasi dan motivasi calon mahasiswa. Calon mahasiswa juga harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah SMA, fotokopi rapor SMA, dan pas foto terbaru.

Jenis Program Studi yang Tersedia

Jenis Program Studi Jumlah Mahasiswa Jumlah Dosen Rasio Mahasiswa per Dosen
Teknik Informatika 500 20 25:1
Sistem Informasi 300 15 20:1
Teknik Elektro 400 18 22:1
Teknik Sipil 350 16 22:1

UNINDRA menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang. Beberapa program studi yang tersedia di UNINDRA antara lain adalah Teknik Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Hukum, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Setiap program studi memiliki kurikulum yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

Program studi Teknik Informatika di UNINDRA merupakan program studi yang fokus pada pengembangan perangkat lunak dan teknologi informasi. Mahasiswa akan mempelajari pemrograman, basis data, jaringan komputer, dan keamanan informasi. Program studi Sistem Informasi juga menawarkan mata kuliah yang serupa, namun dengan fokus pada pengelolaan sistem informasi dalam suatu organisasi.

Program studi Akuntansi dan Manajemen di UNINDRA mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang akuntansi dan manajemen. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen operasional. Program studi Psikologi di UNINDRA menawarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku manusia dan proses mental. Mahasiswa akan mempelajari psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi klinis, dan psikologi industri.

Biaya Pendaftaran dan Pembayaran

Biaya pendaftaran di UNINDRA adalah sebesar Rp 250.000,-. Biaya ini mencakup biaya administrasi dan biaya seleksi masuk perguruan tinggi. Selain biaya pendaftaran, calon mahasiswa juga harus membayar biaya kuliah setiap semester. Biaya kuliah di UNINDRA bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih.

UNINDRA menyediakan beberapa opsi pembayaran untuk memudahkan calon mahasiswa. Calon mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran melalui transfer bank atau metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh UNINDRA. Pembayaran biaya kuliah dapat dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit, atau cicilan melalui lembaga keuangan yang bekerja sama dengan UNINDRA. UNINDRA juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tertentu.

Cara Pendaftaran Online

Untuk mendaftar di UNINDRA, calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran online melalui website resmi UNINDRA. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar online di UNINDRA:

1. Buka website resmi UNINDRA.
2. Klik menu “Pendaftaran” atau “Admission”.
3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
4. Unggah dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah SMA, fotokopi rapor SMA, dan pas foto terbaru.
5. Pilih program studi yang ingin diikuti.
6. Pilih tanggal dan waktu tes seleksi masuk perguruan tinggi.
7. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
8. Setelah pembayaran dikonfirmasi, calon mahasiswa akan menerima email konfirmasi pendaftaran.

Selama proses pendaftaran online, calon mahasiswa mungkin menghadapi beberapa masalah teknis seperti kesalahan sistem atau lambatnya koneksi internet. Jika mengalami masalah tersebut, calon mahasiswa dapat menghubungi tim IT UNINDRA melalui kontak yang disediakan di website resmi UNINDRA.

Fasilitas yang Disediakan oleh UNINDRA

UNINDRA menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan kehidupan mahasiswa. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh UNINDRA antara lain adalah perpustakaan, laboratorium komputer, ruang kuliah yang nyaman, dan fasilitas olahraga. Perpustakaan UNINDRA memiliki koleksi buku dan jurnal yang lengkap di berbagai bidang studi. Laboratorium komputer dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Selain itu, UNINDRA juga menyediakan berbagai layanan dan dukungan bagi mahasiswa. Layanan tersebut meliputi bimbingan akademik, konseling psikologi, dan pelatihan keterampilan. UNINDRA juga memiliki pusat karir yang membantu mahasiswa dalam mencari pekerjaan setelah lulus. Pusat karir UNINDRA bekerja sama dengan perusahaan dan lembaga lain untuk menyediakan kesempatan magang dan penempatan kerja bagi mahasiswa.

Jadwal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Jadwal seleksi masuk perguruan tinggi di UNINDRA akan diumumkan setelah periode pendaftaran gelombang kedua berakhir. Tes seleksi masuk perguruan tinggi akan dilakukan dalam beberapa tahap, termasuk tes tertulis dan wawancara. Jadwal tes tertulis akan diumumkan melalui website resmi UNINDRA dan calon mahasiswa akan menerima email pemberitahuan tentang tanggal dan waktu tes.

Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes seleksi masuk perguruan tinggi. Mereka harus mempelajari materi yang akan diujikan dalam tes kemampuan akademik, tes kemampuan bahasa Inggris, dan tes psikologi. Calon mahasiswa juga harus berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dan mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi yang mungkin muncul selama wawancara.

Tips Sukses dalam Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Untuk berhasil dalam seleksi masuk perguruan tinggi, calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips sukses dalam seleksi masuk perguruan tinggi:

1. Mempelajari materi yang akan diujikan dengan baik. Calon mahasiswa harus memahami konsep-konsep dasar dalam tes kemampuan akademik dan tes kemampuan bahasa Inggris.
2. Berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara. Calon mahasiswa dapat mencari contoh pertanyaan wawancara dan berlatih menjawabnya.
3. Mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Calon mahasiswa harus istirahat yang cukup sebelum tes dan menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.
4. Mengatur waktu dengan baik. Calon mahasiswa harus membuat jadwal belajar dan berlatih agar dapat membagi waktu dengan efektif antara belajar, berlatih, dan istirahat.
5. Mencari informasi tentang UNINDRA dan program studi yang diminati. Calon mahasiswa harus mengetahui visi, misi, dan keunggulan UNINDRA serta program studi yang ingin diikuti.

Jenis Tes yang Akan Dilakukan dalam Seleksi Masuk

Tes seleksi masuk perguruan tinggi di UNINDRA terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis meliputi tes kemampuan akademik, tes kemampuan bahasa Inggris, dan tes psikologi.

Tes kemampuan akademik bertujuan untuk mengukur pemahaman calon mahasiswa dalam berbagai bidang studi seperti matematika, fisika, dan kimia. Tes ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal esai yang harus dijawab dalam waktu yang ditentukan.

Tes kemampuan bahasa Inggris bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Tes ini terdiri dari soal-soal grammar, vocabulary, dan reading comprehension.

Tes psikologi bertujuan untuk mengukur kepribadian dan motivasi calon mahasiswa. Tes ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan tentang diri sendiri, preferensi pribadi, dan situasi-situasi tertentu.

Keuntungan Bergabung dengan UNINDRA

Bergabung dengan UNINDRA memiliki banyak keuntungan. Pertama, UNINDRA merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik dan diakui oleh pemerintah. Gelar yang diperoleh dari UNINDRA diakui di dunia kerja dan dapat meningkatkan peluang karir.

Kedua, UNINDRA menawarkan program studi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Kurikulum di UNINDRA dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang studi yang diminati.

Ketiga, UNINDRA menyediakan fasilitas dan layanan yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan kehidupan mahasiswa. Mahasiswa akan memiliki akses ke perpustakaan yang lengkap, laboratorium komputer yang modern, dan fasilitas olahraga yang memadai. Mahasiswa juga akan mendapatkan dukungan dari tim akademik dan konseling psikologi.

Keempat, UNINDRA memiliki jaringan kerja sama dengan perusahaan dan lembaga lain. Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk magang dan bekerja sama dengan perusahaan terkemuka di bidangnya. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam membangun jaringan profesional dan meningkatkan peluang kerja setelah lulus.

Kesimpulan

Proses penerimaan mahasiswa baru di UNINDRA dilakukan melalui beberapa gelombang pendaftaran. Periode pendaftaran gelombang kedua UNINDRA dimulai pada tanggal 1 Juli 2021 dan berakhir pada tanggal 31 Juli 2021. Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UNINDRA dan mengisi formulir pendaftaran online. Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 250.000,-.

UNINDRA menawarkan berbagai program stud i yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Program studi yang ditawarkan meliputi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Manajemen. Setiap program studi memiliki kurikulum yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Selain itu, UNINDRA juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti laboratorium komputer, perpustakaan, dan ruang belajar yang nyaman. Dengan demikian, mahasiswa di UNINDRA dapat mengembangkan potensi diri dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di masa depan.

Kunjungi teraspendopo.com untuk mengetahui cara pinjam di Pinang BRI dengan limit hingga Rp25 juta dan bunga ringan.

FAQs

Kapan pendaftaran gelombang 2 UNINDRA dibuka?

Pendaftaran gelombang 2 UNINDRA dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021.

Kapan pendaftaran gelombang 2 UNINDRA ditutup?

Pendaftaran gelombang 2 UNINDRA ditutup pada tanggal 31 Agustus 2021.

Siapa yang dapat mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA?

Calon mahasiswa baru yang telah lulus SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun 2021 dapat mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA?

Persyaratan untuk mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA antara lain:

  • Memiliki ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat
  • Memiliki nilai rata-rata minimal 6,0
  • Melampirkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti fotokopi KTP, pas foto, dan lain-lain

Bagaimana cara mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA?

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar pada gelombang 2 UNINDRA secara online melalui website resmi UNINDRA atau langsung datang ke kampus UNINDRA terdekat.

Apakah ada biaya pendaftaran pada gelombang 2 UNINDRA?

Ya, terdapat biaya pendaftaran pada gelombang 2 UNINDRA sebesar Rp 250.000,-.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo, seorang peneliti dan lulusan S2 Antropologi Budaya dari Universitas Udayana, sering menulis di BudayaNusantara.co.id. Dengan penerapan teknik SEO, artikel-artikelnya tentang kebudayaan dan sosial Indonesia mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, menjangkau audiens yang lebih luas yang tertarik pada topik tersebut.

Press ESC to close