Setyowati Anggraeni
Ono Surono
Home Teras Daerah Perangkat Desa di Indramayu Kini Miliki Nomor Induk dan Gaji Tetap
Setyowati Anggraeni

Perangkat Desa di Indramayu Kini Miliki Nomor Induk dan Gaji Tetap

- Advertisement -

Perangkat desa di Indramayu kini boleh berbesar hati. Pasalnya mereka sudah memiliki Nomor Induk Pamong Desa (NIPD). Sehingga selain memiliki identitas yang legali dan formal, mereka juga mendapatkan penghasilan tetap, jaminan kesehatan, dan penghasilan lain yang sah. Hal ini pun secara resmi dikukuhkan oleh Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, pada Jum’at (28/08) pagi.

Ketentuan NIPD dan penghasilan tetap itu telah diatur berdasarkan pasal 49 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Dimana perangkat desa bertugas membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Oleh karena itu perangkat desa atau pamong desa sebagai aparatur pemerintah desa harus mampu memberikan dukungan optimal kepada kepala desa dalam melayani masyarakat, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat.

Taufik Hidayat menjelaskan untuk memberi kepastian hukum terhadap perangkat desa, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menerbitkan Peraturan Bupati Indramayu Nomor 30 tahun 2020 tentang pengangkatan dan pemberhentian pamong desa.

“Pamong desa selain membantu kepala desa juga sebagai pelayan masyarakat. Untuk itu pamong desa harus menjadi pelayan masyarakat yang baik, jangan menjadikan jabatan untuk kepentingan sendiri dan jalankanlah amanah sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Taufik ketika mengukuhkan Pengurus PPDI Kabupaten Indramayu, Jum’at (28/08/2020) di Aula BJB Indramayu.

- Advertisement -

Pelayanan kepada masyarakat, menurut Taufik, akan terlaksana dengan baik apabila aparatur pemerintah desa memahami apa yang menjadi tugas dan fungsinya sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa dan pelayanan yang diharapkan dapat berjalan secara optimal.

Sementara itu Ketua Umum PPDI, Widhi Hartono mengatakan, Pamong Desa di Indramayu harus mengikuti dan selaras dengan kebijakan kepala desa (kuwu). Namun disisi lain keberadaan Pamong Desa juga telah dilindungi oleh peraturan yang ada, sehingga tidak bisa semena-mena diberhentikan oleh kepala desa.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa atas kepedulian Plt Bupati Indramayu terhadap para Pamong Desa ini. Dengan sinergitas ini maka tujuan nasional, provinsi, dan juga daerah akan bisa tercapai,” pungkas Widhi.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments