HomeTeras NasionalPelabuhan Patimban Subang Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Pelabuhan Patimban Subang Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Subang – Pelabuhan Patimban hari ini (20/12/2020) resmi dibuka secara terbatas. Pelabuhan yang berfungsi sebagai pemecah lalu-lintas distribusi ekspor-impor barang di Pelabuhan Tanjung Priok ini secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelabuhan internasional yang terletak di wilayah Pantai Patimban, Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat tersebut selain sebagai pemecah kepadatan pelabuhan di Jakarta, juga diharapkan mampu menggeliatkan sektor ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Pelabuhan Patimban ini masih belum dibuka secara penuh. Sebab pembangunannya masih bertahap hingga direncanakan bakal selesai hingga tahun 2027. Namun Jokowi menyatakan pada tahap 3 ini kemampuan Pelabuhan Patimban sudah meningkat dari semula 3 juta peti kemas, sekarang kapasitasnya sudah mencapai 7 juta peti kemas.

“Ini kabar baik, sehingga diharapkan Pelabuhan Patimban bisa segera membantu dalam peningkatan komoditas ekspor Indonesia ke pasar global,” ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Bersamaan dengan peresmian ini, sebuah ekspor 140 unit kendaraan roda empat menuju Brunei Darussalam yang diangkut Kapal MV. Suzuka Express menjadi ekspor pertama dari Pelabuhan Patimban. Sebagai informasi, Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal dengan bendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki kecepatan 14.6 Knots.

Cikal Bakal Kawasan Rebana

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa keberadaan Pelabuhan Patimban merupakan tahap awal dari proses transisi daerah Patimban menjadi kota pelabuhan dan industri. Ia berterima kasih kepada pemerintah pusat dan mengatakan bahwa pelabuhan ini merupakan sebuah takdir yang luar biasa.

“Patimban akan menjadi cikal bakal dari terwujudnya kawasan metropolitan Rebana yang terdiri dari 13 kota industri baru di Jawa Barat,” ungkap Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan bahwa kawasan Rebana merupakan sebuah segitiga yang terdiri atas Cirebon, Subang, dan Majalengka. Kawasan ini ditujukan untuk merangsang investasi di kawasan utara dan timur Jawa Barat.

“Kawasan Rebana akan mendongkrak peningkatan ekonomi Jawa Barat hingga 4 persen,” tutup Ridwan Kamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments