HomeTeras PerjalananMenikmati Eloknya Mangrove di Pantai Panjiwa Indramayu

Menikmati Eloknya Mangrove di Pantai Panjiwa Indramayu

Indramayu – Keindahan pantai tak hanya bisa didapatkan di Kuta Bali saja, bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa bisa mengunjungi Pantai Panjiwa Indramayu. Di sini keindahan pemandangan matahari terbenam tak kalah dengan yang ada di Kuta. Lokasi wisata pantai yang ada di desa Eretan Wetan ini tak jauh dari jalur pantura.

Jika menggunakan motor hanya perlu menempuh sekitar satu jam saja dari pusat kota untuk mencapai pantai ini. Selama perjalanan melintasi pantai utara Jawa ada banyak pemandangan indah, khususnya kampung nelayan. Di sana masih banyak nelayan yang bersiap-siap untuk melaut atau memperbaiki jala. Aktivitas inilah yang jarang ditemukan di perkotaan.

Aktivitas Menarik di Pantai Panjiwa Indramayu

Sesampainya di pantai Panjiwa, ada beberapa pemandangan indah yang akan didapatkan. Walaupun pasir pantai berwarna hitam namun ombaknya tidak terlalu besar. Ombak di pantai ini termasuk tenang, tidak sama seperti di pantai selatan Pulau Jawa. Sehingga para pelancong bisa bersantai di pinggir pantai.

Pantai Panjiwa Indramayu adalah tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan pantai Tirtamaya, pantai Karangsong, bahkan pulau Biawak Indramayu. Lokasi wisata yang masih asri ini cukup jarang dikunjungi oleh pelancong dari luar kota. Padahal keindahan pantai ini cukup unik. Di sepanjang perjalanan sekitar 2 hingga 3 km tadi Anda akan disuguhkan pemandangan kampung nelayan.

Mendekati pantai ada juga hutan mangrove yang tinggi menjulang dan menutup pinggiran pantai sehingga tampak indah. Aktivitas cukup banyak dilakukan seperti bersantai di pinggiran pantai sambil mendengarkan deburan ombak yang cukup tenang. Anak-anak bisa bermain di atas pasir pantai membuat benteng pasir. Orang tua pun tak terlalu khawatir karena ketinggian ombak yang cukup aman.

Puncak aktivitas yang sangat menarik di sini adalah menikmati keindahan sunset di sore hari. Jika langit tidak sedang mendung, matahari terbenam akan terlihat sangat indah di sini. Anda bisa melihatnya dari pinggiran pantai atau di hutan mangrove yang cukup lebat. Momen penting ini pun bisa diabadikan dengan berfoto bersama keluarga.

Latar belakang matahari terbenam dan memperlihatkan foto siluet akan sangat menarik ketika diunggah ke akun sosial media. Ditambah lagi berlibur ke Pantai Panjiwa Indramayu ini murah meriah.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments