HomeTeras DaerahPanen Galur, Kwarcab Pramuka Indramayu Ciptakan Petani Milenial

Panen Galur, Kwarcab Pramuka Indramayu Ciptakan Petani Milenial

Indramayu, Teraspendopo.com Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu melaksanakan panen galur Indonesian Farmer (IF) di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, pada Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) dengan Saka Tarunabumi Kwarcab Indramayu. Panen ini merupakan hasil penelitian lapangan dari siswa SMK Cendekia Wanasari yang juga anggota Saka Tarunabumi.

Menurut salah satu unsur pimpinan Kwarcab Indramayu, Dadang Supriatna, kegiatan ini merupakan ajang untuk meningkatkan pengetahuan terutama Pramuka Pandega dan Penegak di bidang pertanian.

“Untuk mencapai itu, salah satu tugas yang kami berikan adalah menghitung bulir padi dalam satu tangkai,” terang Dadang.

Harapannya, lanjut Dadang, dengan kegiatan ini diharapkan setelah lulus sekolah nanti mereka bisa mendarmabaktikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat. Sebab menurutnya di Indramayu ini lahan pertanian sangat luas.

“Harapan saya setelah lulus dan telah berkecimpung di ekstrakulikuler pertanian, mereka bisa menjadi petani-petani milenial,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dadang juga berharap agar kepedulian terhadap pertanian ini bukan hanya tugas dari Saka Tarunabumi, namun saka-saka yang lain bisa bergabung didalamnya.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments