HomeTeras DaerahOno Surono: Pesantren Ampuh Tangkal Radikalisme dan Intoleransi

Ono Surono: Pesantren Ampuh Tangkal Radikalisme dan Intoleransi

- Advertisement -

Radikalisme dan intoleransi yang kerap berkembang di tengah-tengah masyarakat bisa mengikis nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa. Apalagi merebaknya ideologi khilafah yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dirasakan banyak pihak cukup mengkhawatirkan.

Hal inilah yang mendasari Anggota DPR RI, Ono Surono, untuk menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Pondok Pesantren I’anatul Mubtadi’in Jalan Kapuan Jaya, Desa Dukuh, Komplek YAPIIM Dukuh Indramayu, pada Rabu (23/9/2020). Anggota dewan yang berasal dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut mengatakan bahwa pemahaman empat pilar mutlak dimiliki oleh generasi muda Indonesia.

“Sosialisasi 4 pilar harus terus digalakan terutama pada generasi milenial, jangan sampai mereka tergerus oleh perkembangan zaman, apalagi ada paham radikalisme dan khilafah yang mengancam pancasila dan keutuhan Indonesia,” terang anggota DPR RI yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat ini.

Ono juga menjelaskan bahwa penyebaran paham khilafah dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Tunas-tunasnya tumbuh subur di era keterbukaan informasi saat ini. Oleh karena itu, posisinya di tingkat provinsi juga dimanfaatkan untuk mendorong segera terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pesantren di Provinsi Jawa Barat.

- Advertisement -

“Pondok pesantren punya fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga ampuh sebagai wadah pembentukan insan berakhlak mulia dan Islam rahmatan lil ‘alamin,” ungkap Ono Surono.

Dalam sosialisasi tersebut, Ono tak berbicara sendirian. Ia ditemani Komandan Densus 99 Banser Mohammad Nuruzzaman, Ketua PCNU Kabupaten Indramayu, K.H. Juhadi Muhammad, dan Ketua GP Ansor Indramayu, Edi Fauzi.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua PW GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar, Badan Otonom dan Lembaga Semi Otonom Ansor Indramayu, Banser, serta PAC Ansor se-Kabupaten Indramayu.

- Advertisement -
Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments