HomeTeras Perjalanan4 Oleh-Oleh Khas Indramayu yang Tak Boleh Dilewatkan

4 Oleh-Oleh Khas Indramayu yang Tak Boleh Dilewatkan

Indramayu – Selain menikmati makanan khas Indramayu saat berlibur ke sana, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas Indramayu. Setiap kota pasti memiliki aneka jenis oleh-oleh yang khas untuk bisa dibeli. Jika tak bisa membawa pulang pedesan entog atau nasi lengko karena memang mudah basi, maka pilih oleh-oleh yang lebih awet dan mudah untuk dibawa.

Salah satu jenis oleh-oleh yang paling terkenal adalah mangga Indramayu. Memang benar bahwa mangga adalah hasil bumi cukup besar dari wilayah ini. Apalagi jika musim mangga sudah dimulai, harganya pun pasti sangat murah. Untuk membeli mangga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di jalan-jalan. Tapi selain mangga, kira-kira apa lagi yang bisa dijadikan oleh-oleh?

Aneka Macam Pilihan Oleh-Oleh Khas Indramayu

Makanan berupa kudapan pada;ah pilihan yang paling mudah dan cukup awet jika dijadikan oleh-oleh. Kudapan khas ini cukup menarik karena tak bisa ditemukan di luar Indramayu. Ada beberapa pilihan kudapan berikut ini yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Dodol Raragudig

Raragudig

Dodol merupakan kudapan yang sangat terkenal dari wilayah Jawa Barat. Indramayu memiliki jenis dodol yang bentuknya mirip seperti wajik hanya saja teksturnya lebih halus dan kering. Pada bagian dalam dodol terdapat gula merah dan kudapan ini dibungkus dengan kertas minyak.

Keripik Tike

Keripik tike.

Selain dodol, Indramayu juga terkenal dengan oleh-oleh berupa keripik. Salah satunya adalah keripik tike yang dibuat dari bahan umbi rumput teki. Rasanya gurih dan cukup berbumbu, teksturnya sangat renyah karena bahan digoreng dengan tepung dan sangat tipis.

Kerupuk Udang

Kerupuk udang

Makanan renyah lainnya yang tak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh khas Indramayu adalah kerupuk udang. Di Indramayu ada sebuah industri yang khusus membuat kerupuk di Desa Kenanga Blok Dukuh, Kecamatan Sindang. Industri ini sudah menangani kebutuhan kerupuk udang hingga ke Brunei Darusalam dan Malaysia. Jadi sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Kue Poci

Kue poci.

Biasanya kudapan ini disajikan pada saat acara pernikahan, namun kini tersedia juga untuk oleh-oleh. Kue koci terbuat dari bahan tepung ketan dan diisi dengan parutan kelapa manis gula merah. Panganan ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti prisma.

Dari semua oleh-oleh khas Indramayu ini manakah yang akan Anda beli? Jangan lupa untuk membeli dalam jumlah banyak ya, agar semua kebagian.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments