Home Teras Perjalanan Mencicipi Nasi Lengko Indramayu Enak dan Menyehatkan

Mencicipi Nasi Lengko Indramayu Enak dan Menyehatkan

- Advertisement -

Mendengar nama Indramayu pasti akan langsung mengingat salah satu jenis mangga yang rasanya manis dan banyak airnya. Kuliner yang tersaji di salah satu kabupaten Jawa Barat ini bukan hanya mangga. Salah satu makanan khas yang tak boleh dilewatkan para pelancong adalah nasi lengko Indramayu.

Kuliner yang satu ini kaya akan serat karena terdapat banyak sayur. Nasi lengko berasal dari Indramayu ini tak jauh berbeda dengan makanan dari Jawa Timur seperti pecel. Namun ada beberapa yang membedakannya. Masyarakat setempat biasanya menyantap hidangan ini kapan saja, baik itu untuk sarapan, makan siang bahkan makan malam.

Sedapnya Kuliner Nasi Lengko Khas Indramayu

Apa yang membuat nasi lengko adalah kuliner sedap? Makanan ini banyak disukai, khususnya untuk orang Jawa Barat yang suka dengan oncom. Sepiring nasi lengko Indramayu berisi irisan mentimun, tauge, tahu dan juga telur goreng. Nasi, sayur dan lauknya kemudian disiram dengan kuah kacang yang nikmat.

Sebagai pendamping, biasanya disediakan incom, tempe goreng dan juga kerupuk udang. Pada saat musim hujan, teh hangat akan membuat sajian ini terasa lebih nikmat dan menghangatkan. Saus kacangnya telah dibumbui khusus yang rasanya tak kalah dengan kuah kacang pecel Madiun.

- Advertisement -

Satu lagi yang membedakan nasi lengko Indramayu dengan nasi lengko Cirebon adalah tidak ada taburan kucai. Dimanakah bisa mendapatkan seporsi nasi lengko makanan khas dari Indramayu ini? Di sana Anda bisa dengan mudah menemukan penjual nasi lengko. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Lengko Ma Tiri yang terdapat di Jalan Veteran, Lemahabang, Indramayu.

Warung nasi lengko ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, jika dihitung sudah lebih dari 100 tahun. Buktinya saat ini warung makan ini telah dilanjutkan oleh generasi keempat. Hj Karyani yang merupakan pemilik warung sekarang pun masih tetap mempertahankan cita rasa nasi lengko Indramayu sejak awal pertama kali buka. Jadi tak heran jika banyak sekali yang mampir warung ini ketika berwisata ke Indramayu. Harga untuk sepiring nasi lengkap hanyalah 8 ribu hingga 13 ribu rupiah. Tertarik untuk mencicipi?

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments