HomeTeras NasionalMendagri Ubah Aturan Soal Tempat Ibadah dan Resepsi Pernikahan

Mendagri Ubah Aturan Soal Tempat Ibadah dan Resepsi Pernikahan

Jakarta, Teraspendopo.com Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, kembali menerbitkan aturan terkait PPKM Darurat yang berlaku hingga 20 Juli mendatang. Aturan ini merupakan perubahan atas aturan sebelumnya.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 19 Tahun 2021 yang merupakan perubahan atas Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021. Isinya mencakup dua hal, yakni perubahan atas pelaksanaan diktum ketiga huruf g dan huruf k.

Huruf g, terkait dengan tempat ibadah untuk tidak dipergunakan secara bersama-sama atau berjamaah selama masa PPKM Darurat. Umat bergama diharapkan untuk mengoptimalkan ibadah di rumah masing-masing. Bunyi aturan sebelumnya adalah ditutup sementara.

“”Maksudnya begini, (revisi itu agar) massa jangan berkumpul baik di masjid, gereja, atau tempat peribadatan lain secara bersamaan. Resepsi juga. Namun terkadang masjid tempat ibadah digunakan juga buat Satgas Covid-19 desa atau vaksin atau dan lain-lain,” terang Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Syafrizal, seperti dikutip dari Antara.

Kemudian untuk huruf k, menyoal tentang resepsi pernikahan. Pada perubahan ini tidak diperkenankan adanya resepsi pernikahan selama masa PPKM Darurat. Pada aturan sebelumnya, resepsi masih bisa dilakukan, hanya dibatasi undangannya saja.

PPKM Darurat Diperluas

Sementara itu Mendagri juga menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 20 Tahun 2021 yang merupakan perubahan atas Instruksi Mendagri Nomor 17 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro.

Pada perubahan ini, PPKM Mikro diluar daerah Jawa dan Bali ditingkatkan statusnya menjadi PPKM darurat sesuai dengan situasi dan kondisi peningkatan angka terkonfirmasi positif Covid-19.

Adapun daerah yang wajib menjalankan PPKM Darurat adalah Kota Medan, Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Batam, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Pontianak, dan Singkawang, Berau, Balikpapapn, Bontang, Mataram, Manokwari, Sorong. Selain kota diatas, ada beberapa daerah lainnya yang masuk ke asesmen level 4.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments