HomeTeras NasionalLPBH NU Siap Dampingi Warga Nahdliyin Terdampak Ledakan Kilang Balongan

LPBH NU Siap Dampingi Warga Nahdliyin Terdampak Ledakan Kilang Balongan

Indramayu, Teraspendopo.com Ledakan tangki di kilang milik PT Pertamina RU VI Balongan pada Senin (29/3/2021) kemarin cukup berdampak bagi warga sekitar. Dampak fisik, psikis, dan sosial yang dialami oleh warga sekitar kilang itu mengundang keprihatinan berbagai pihak.

Pihak yang turut prihatin atas kejadian yang menimpa warga sekitar kilang tersebut adalah Ketua Lembaga Pusat Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU), Royandi Haikal. Ia turun ke Indramayu bersama tokoh perempuan NU sekaligus putri KH Fuad Hasyim, Nuning Fuad Hasyim.

Royandi menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang terjadi. Apalagi banyak warga nahdliyin yang terdampak ledakan tersebut. Ia berharap agar Pertamina segera menyelesaikan proses investigasi yang terjadi pada ledakan kilang tersebut. Dan tak kalah penting adalah memberikan ganti rugi pada semua pihak yang terdampak.

“Secara kelembagaan kami akan mendampingi warga nahdliyin yang terdampak ledakan tersebut. Sehingga Pertamina bisa segera memberikan tanggung jawabnya atas insiden itu,” ungkap Royandi pada Jum’at (2/4/2021) sore.

Puluhan warga yang hadir pada pertemuan dengan tokoh PBNU tersebut, tidak menyia-nyiakan kesempatannya. Di depan halaman rumah tokoh NU Balongan, H. Namun, yang menjadi tempat pertemuan itu, puluhan warga menyuarakan keluh kesahnya atas kejadian yang mereka alami sejak Senin lalu.

“Banyak warga yang mengalami trauma, baik karena ledakan maupun dampak yang ditimbulkannya. Rasanya kompensasi seperti apapun belum bisa mengobati trauma tersebut,” ungkap salah satu warga yang hadir.

Sementara itu curahan hati ibu-ibu yang hadir kepada Nuning Fuad Hasyim juga tak kalah menyayat hati. Betapa ibu-ibu yang tertidur lelap harus terbangun tiba-tiba dan panik. Mereka menangis dan ketakutan setengah mati akibat ledakan dan api yang membumbung tinggi didepan matanya.

“Kami akan menginventarisir dampak-dampak yang ditimbulkan atas insiden ini. Dan daftar tersebut akan kami bawa ke Jakarta untuk dibahas langkah kedepan yang akan kami tempuh,” ujar Royandi.

Royandi dan Nuning ditemani oleh Ketua Ansor Indramayu, Edi Fauzi, bersama sekretarisnya, Ahmad Dasuki, serta Ketua LBH Ansor Indramayu, Afif Rahman. Bertindak sebagai moderator pada pertemuan tersebut adalah tokoh masyarakat setempat, Abdul Kholiq.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments