HomeTeras NasionalLiburan Tahun Baru Usai, Perantau Mulai Kembali ke Jakarta

Liburan Tahun Baru Usai, Perantau Mulai Kembali ke Jakarta

Indramayu, Teraspendopo.com – Puncak arus balik menuju Jakarta setelah libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 diperkirakan terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan plat B yang mulai memenuhi jalan Pantura.

Banyaknya kendaraan dengan nomor kendaraan khas Jakarta dan sekitarnya itu bukan pemandangan sehari-hari. Hal ini disebabkan sepekan terakhir, banyak warga ibukota yang berlibur ke kampung halaman memanfaatkan tanggal merah yang cukup berdekatan.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang pemudik yang ditemui Teraspendopo.com bernama Ato (45) yang sedang beristirahat di jalur pantura. Ia merupakan pemudik asal Karangampel, Indramayu.

Sebagai pemudik, Ato cukup mencolok. Pasalnya ia mengendarai bajaj berwarna biru dipadu dengan warna hitam di bagian depan. Bajaj tersebut bertuliskan M.2TAS. Ia mengaku akan ke Jati Bening, Bekasi, setelah pulang ke Indramayu sejak tanggal 28 Desember 2020 kemarin.

“Kemarin liburan natal dan tahun baru pulang ke Indramayu. Sekarang balik lagi ke Jati Bening,” ungkap Ato pada Minggu (3/1/2021).

Ato mengaku sudah langganan membawa bajajnya ke Indramayu. Apalagi kalau musim liburan sekolah dan lebaran idul fitri. Dengan membawa kendaraan sendiri, ia mengaku lebih bisa menghemat ongkos.

Nastem, istri Ato, juga membersamai perjalanan tersebut. Mereka membawa anaknya yang masih berusia sekitar 8 tahun. Di tepi jalan pantura yang menghubungkan Cirebon dan Indramayu, ketiganya beristirahat sambil memakan bekal yang dibawa dari rumah.

Ato merupakan satu dari puluhan ribu perantau yang menggantungkan nasib di ibukota dan sekitarnya. Saat libur semacam ini, bagi Ato dan perantau lainnya merupakan saat yang tepat untuk pulang untuk melepas rindu pada kampung halaman.

Saat ditanya perihal pandemi Covid-19, Ato menjawab bahwa sebetulnya mereka juga takut. Namun karena desakan ekonomi, mau tak mau segalanya harus dilakukan.

“Ya, kami juga takut corona, pak. Tapi mau bagaimana lagi. Semoga semuanya sehat-sehat selalu,” pungkas Ato.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments