Larangan Untuk Berpakaian, Makan Dan Minum Secara Berlebihan Ada Pada Al Qur’an Surah

Andrea Hirata

Adab minum dalam Islam

Minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, dalam agama Islam, minum juga memiliki adab-adab yang harus diikuti. Adab minum dalam Islam mencakup berbagai hal, seperti tata cara minum, jenis minuman yang dianjurkan, dan larangan-larangan yang harus dihindari. Dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 168, Allah SWT berfirman:

“Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Dari ayat ini, kita dapat memahami pentingnya makan dan minum yang halal dalam Islam. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang mengajarkan umatnya untuk hidup sehat dan menjaga tubuh sebagai amanah dari Allah SWT.

Hukum makan berlebihan

Di dalam Islam, kita juga diajarkan untuk menjaga keseimbangan dalam makan dan minum. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Al A’raf ayat 31:

“Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.”

Dari ayat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa makan dan minum secara berlebihan merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Makan dan minum yang berlebihan dapat menjadi bentuk kerakusan dan tidak menghargai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, makan dan minum yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kegemukan dan gangguan pencernaan.

Sebagai umat Muslim, kita juga harus ingat bahwa Allah SWT telah memberikan kita petunjuk dalam menjaga keseimbangan dalam makan dan minum. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Al Israa’ ayat 37:

“Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Sesungguhnya kamu tidak akan pernah dapat menembus bumi dan kamu tidak akan pernah mencapai ketinggian gunung.”

Dari firman Allah SWT ini, kita dapat memahami bahwa sebagai hamba Allah SWT, kita harus menjaga diri dari sikap sombong dan tidak berlebihan dalam kehidupan ini, termasuk dalam hal makan dan minum.

Surah Al Qur’an tentang makanan

Al Qur’an adalah kitab suci bagi umat Muslim yang berisi petunjuk dan panduan dalam menjalani kehidupan ini. Tidak hanya mengenai ibadah, tetapi Al Qur’an juga mengandung ayat-ayat yang mengatur tentang makanan.

Salah satu surah dalam Al Qur’an yang membahas tentang makanan adalah Surah Al Baqarah. Di dalam Surah Al Baqarah terdapat beberapa ayat yang mengajarkan umat Muslim tentang pentingnya memilih makanan yang halal dan baik.

Di antara ayat-ayat tersebut adalah:

  • Surah Al Baqarah ayat 168: “Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”
  • Surah Al Baqarah ayat 172: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika kepada-Nya kamu menyembah.”
  • Surah Al Baqarah ayat 173: “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa sedang tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas, tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dari ayat-ayat tersebut, kita dapat melihat betapa pentingnya memilih makanan yang halal dan baik dalam Islam. Allah SWT sangat memperhatikan apa yang kita makan dan mengajarkan kita untuk hanya mengonsumsi makanan yang halal dan baik.

Sebagai umat Muslim, kita harus menghindari makanan yang diharamkan oleh Allah SWT, seperti babi, bangkai, dan minuman yang mengandung alkohol. Selain itu, kita juga harus memperhatikan tata cara memilih makanan yang baik dan sehat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Dalam Islam, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam memilih makanan, seperti:

  • Makanan harus halal dan thayyib (baik)
  • Makanan harus diambil dengan nama Allah
  • Makanan harus disajikan dengan tata cara yang baik dan bersih

Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menganjurkan umatnya untuk hidup sehat dan menjaga tubuh sebagai amanah dari Allah SWT.

Jadi, mari kita menjaga adab minum, menghindari makan berlebihan, dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang telah Allah SWT berikan dalam Al Qur’an. Dengan menjalani hidup yang seimbang dan menjaga kesehatan tubuh, kita dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Ikuti kami di

Tags

Related Post