HomeTeras DaerahLanggar Prokes, Perbankan dan Perusahaan Keramik Didenda Puluhan Juta

Langgar Prokes, Perbankan dan Perusahaan Keramik Didenda Puluhan Juta

Indramayu, Teraspendopo.com Pengadilan Negeri (PN) Indramayu Kelas IB, menggelar sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) terhadap 27 pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang terjaring razia yustisi, bertempat di salah satu ruang sidang Pengadilan setempat, pada hari Selasa (13/7/2021).

Humas PN Indramayu Kelas IB, Fatchur Rochman mengatakan, 27 pelanggar tersebut berasal dari beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Indramayu, diantaranya, Kecamatan Indramayu, Tukdana, Juntinyuat, Anjatan, Widasari, Balongan, Karangampel, Kedokan Bunder, dan Jatibarang.

Ia menyebut, dari total 27, sebanyak 24 pelanggar dikenakan hukuman denda senilai Rp5 juta atau subsider 5 hari kurungan. Sedangkan 3 lainnya diberikan hukuman denda yang relatif.

“Diantaranya, BNI Unit dikenakan denda Rp10 juta atau subsider 5 hari kurungan, Perusahaan Keramik di Kecamatan Losarang yang tidak menerapkan prokes bagi karyawannya dikenakan hukuman denda Rp20 juta atau subsider 1 bulan kurungan, dan usaha kecil milik perseorangan berjualan liquid rokok elektrik dikenakan denda Rp750 ribu atau subsidair 5 hari kurungan,” sebut Fatchur Rochman.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, dalam memberikan putusan hakim juga mempertimbangkan rasa keadilan dan seberapa berat tingkat kesalahan.

“Pelaku usaha kecil juga akan dihukum, namun dengan denda yang kecil. Sedangkan pelaku usaha besar dengan kesalahan yang berat seperti pabrik akan dikenakan denda yang besar pula. Jadi Hakim memberikan putusan tidak membabi buta,” jelas Fatchur Rochman

Ia menambahkan, dengan banyaknya pelanggar selama kurun waktu hampir dua pekan sejak di berlakukannya PPKM Darurat di Kabupaten Indramayu, hal itu mengindikasikan, bahwa masyarakat Indramayu belum melakukan prokes secara ketat dan kurangnya kesadaran akan kesehatan bagi lingkungan sekitarnya walau dalam keadaan darurat seperti sekarang ini.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments