HomeTeras NasionalKorlantas Polri Resmi Luncurkan Aplikasi SIM Online

Korlantas Polri Resmi Luncurkan Aplikasi SIM Online

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Korlantas Polri resmi meluncurkan pelayanan SIM online melalui aplikasi yang disebut dengan SINAR pada Selasa (13/4/2021).

Dalam aplikasi tersebut terdapat pelayanan untuk mengurus perpanjangan SIM yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang terpasang di ponsel pintar.

Dalam acara launching Aplikasi SIM Nasional Presesi yang digelar di Jakarta dan diikuti oleh seluruh jajaran kepolisian di Indonesia secara meeting zoom, Kapolri jenderal Polisi Drs. Listio Sigit Prabowo M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Cita-cita Polri untuk menampilkan Polisi lalu lintas yang berwibawa, yang disegani oleh masyarakat bisa membuat masyarakat kemudian memahami materi perintah-perintahnya tanpa harus menggunakan senjata.

“Salah satunya adalah bagaimana kemudian kita bisa mewujudkan pelayanan kepolisian dalam hal penegakan hukum yang tegas namun Humanis, serta menghindari terjadinya interaksi yang kemudian menimbulkan penyalahgunaan wewenang,” ucap Kapolri

- Advertisement -

Ia menyebut, Korlantas telah bekerja keras dengan timnya secara bersungguh-sungguh dan beberapa waktu yang lalu pihaknya telah melaksanakan penegakan hukum di lalu lintas dengan menerapkan elektronik sehingga tidak lagi interaksi antara Polri dengan masyarakat.

“Cukup dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka pelanggaran-pelanggaran terkait lalu lintas itu bisa di potret dan kemudian proses penegakan hukum tetap berjalan, dan ini berdasarkan hasil laporan serta survei yang kita dapatkan dari sistem,” tambahnya.

Sementara, jajaran Satpas Polres Indramayu yang mengikuti proses Launching Aplikasi SIM Nasional Presesi secara meeting zoom menyambut baik dengan program yang telah diluncurkan oleh Kapolri.

Dalam acara yang digelar di Gedung Satpas Polres Indramayu secara Video Conference (Zoom Meeting) itu turut dihadiri oleh Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim, Ketua DPRD kabupaten Indramayu H. Saefudin S.H, Pgs Dandim 0616/Indramayu diwakili Pjs Pasi Pers Lettu Inf Waryadi, Kapolres Indramayu diwakili Kabag Ops Polres Kompol I Wayan.S,H, Kejaksaan negeri Indramayu yang diwakili oleh Tisna Prasetya Wijaya SH, Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Bambang.S, Kanit Regident Ipda Supraja, Kepala PT. POS Alif Dermawan dan Kepala Cabang BNI Rafli Fikri

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Indramayu menyampaikan bahwa program terbut merupakan inovasi yang luar biasa untuk Kapolri dalam program 100 harinya.

“Kalau kita lihat dimasa Covid ini banyak memberi kita pelajaran, jadi dengan adanya Covid kita semua berinovasi yang tadinya tidak mengenal teknologi hadi mengenal, akhirnya kita semua terbiasa, dari situ maka lahirlah regulasi yang beradaptasi dengan keadaan ini,” kata Lucky.

Lucky menambahkan, dengan adanya layanan Aplikasi SIM Nasional Presesi ini semua bisa melakukan dengan mudah.

“Jadi selama aturan-aturan itu diikuti dengan benar maka kita bisa melakukannya, ini suatu inovasi dari Polri yang patut mendapat apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Dalam layanan tersebut, pihak Polri memanfaatkan sistem yang telah dipersiapkan, dalam hal ini Polri membuka ruang kerja sama dengan PT Pos dan Bank BNI untuk ikut bisa bergabung dalam sistem tersebut, dengan harapan ke depan pelayanan kepolisian akan semakin baik.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments