HomeTeras DaerahKondisi Pengungsi Perempuan dan Anak Korban Ledakan Kilang Balongan Disoroti Kemen PPPA

Kondisi Pengungsi Perempuan dan Anak Korban Ledakan Kilang Balongan Disoroti Kemen PPPA

Indramayu, Teraspendopo.com Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyambangi posko pengungsian masyarakat yang terdampak ledakan kilang minyak RU VI Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada Sabtu (3/4/2020). Kemen PPPA ingin memastikan kebutuhan perempuan dan anak terpenuhi.

“Kami sesuai tugas dari Kementerian Perlindungan Pemberdayaan dan Perlindungan Anak ingin memastikan kebutuhan perempuan dan anak itu terpenuhi,” ungkap Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus Kemen PPPA, Elvi Hendrani.

Seperti diketahui dampak dari ledakan kilang minyak milik Pertamina RU VI Balongan menyebabkan 431 pengungsi perempuan, 167 pengungsi anak, dan 94 pengungsi balita di posko pengungsian komplek Gelanggang Olah Raga (GOR) Bumi Patra.

Dalam kunjungannya Elvi meminta kebutuhan spesifik bagi perempuan yang sedang menyusui dan anak-anak remaja.

“Tadi saya minta agar disediakan ruang laktasi dengan sarana didalamnya seperti kulkas kecil untuk menyimpan ASI. Kemudian kami harap ada buku bacaan untuk para remaja pengungsian,” ujarnya.

Elvi juga menjelaskan bahwa ada anak-anak yang mengalami trauma pasca kejadian ledakan dan kebakaran tersebut, seperti saat tidur tiba-tiba kaget, maupun gemetar jika mendengar suara keras.

Untuk mengatasi trauma pada anak-anak itu, Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dari Provinsi Jawa Barat akan membantu mengawal kesembuhannya.

“Kami minta untuk trauma healing dikawal oleh Himpsi. Dan ini untuk jangka panjang tidak hanya di pengungsian. Kalau memang belum sembuh, ya lanjut,” tegas Elvi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments