HomeTeras NasionalKhusus Warga Miskin, Inilah Cara Mengajukan DTKS

Khusus Warga Miskin, Inilah Cara Mengajukan DTKS

- Advertisement -

Indramayu – Teraspendopo.com Caswiti merasa sedih, dua bulan ini bantuan sembako tak lagi didapatkannya. Ia merasa tak ada pemberitahuan sama sekali mengapa bantuannya diputus.

Perempuan lansia yang tinggal di Desa Arahan Kidul, Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu ini, hanya pasrah melihat tetangganya tetap lancar mendapat bantuan serupa.

“Saya sedih, kenapa saya yang lebih miskin malah tidak dapat bantuan,” keluh Caswiti.

Caswiti ternyata tidak sendiri, ada Carsidem dan Casinah yang bernasib serupa. Mereka tidak lagi mendapatkan bantuan sembako berupa beras, telor, ayam, dan kacang-kacangan ini. Kondisi ini sudah berlangsung sejak Januari lalu.

- Advertisement -

Mereka merupakan peserta Program Sembako yang dulunya bernama Bantuan Pangan Non Tunai. Setiap bulan seharusnya mereka mendapatkan sembako senilai Rp200.000. Namun sudah dua kali pencairan ini mereka harus gigit jari.

Berdasarkan pantauan Teraspendopo.com, kejadian ini memang cukup masif terjadi di berbagai wilayah di Indramayu. Jumlahnya cukup bervariasi. Begitu juga penyebabnya. Menurut informasi yang didapat, jumlah yang tidak bisa tersalur di Indramayu mencapai angka 20 ribu lebih penerima manfaat.

Sementara itu pihak Dinas Sosial Kabupaten Indramayu sudah melakukan antisipasi pengaduan dengan membuka loket di kantornya yang berlokasi di Jalan Pabean Udik, Indramayu.

Salah satu penjaga loket yang mengaku bernama Endah menuturkan kalau mereka yang tidak cair sejak bulan Januari kemarin adalah data yang tidak padan di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sehingga perlu dilakukan pengusulan ulang oleh pihak desa atau kelurahan.

- Advertisement -

“Untuk yang kemarin tidak cair, harus dilakukan pengusulan lewat musyawarah desa lagi,” ungkap Endah.

Syarat Mengusulkan DTKS

Endah juga menjelaskan untuk masyarakat yang ingin mengajukan secara individu maupun kolektif harus menyertakan beberapa syarat. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa/Kelurahan dan mengetahui Camat dengan keterangan untuk keperluan pengusulan masuk BDT/DTKS.
  2. Photo copy KTP
  3. Photo copy KK terbaru
  4. Photo copy KPS, KIP, KKS, KIS jika memiliki
  5. Foto kondisi rumah: tampak depan, kamar tidur, toilet, dan dapur
  6. Membawa isian formulir BDT dari TKSK setempat
  7. Membawa berkas msuyawarah desa/kelurahan yang terdiri atas: berita acara, daftar hadir, usulan daftar nama, foto kegiatan musdes, dan undangan musdes.

Bantuan Program Sembako merupakan pengganti dari Bantuan Pangan Non Tunai yang sudah berjalan sejak 2018. Program ini berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia. Keberadaan program ini ditujukan untuk ketahanan pangan warga miskin di Indonesia.

Tahun 2021 ini, Kemensos telah menganggarkan Rp42,5 triliun untuk 18,8 juta warga yang miskin dan atau rentan miskin yang sudah tercakup dalam Program Sembako ini. Mereka merupakan warga yang sebelumnya sudah terdata di DTKS.

- Advertisement -
Darto To
Darto adalah seorang pegiat sosial yang menggemari dan masih belajar dengan dunia tulis menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments