HomeTeras DaerahKesbangpol Indramayu: LSM FKAMIS Tidak Terdaftar

Kesbangpol Indramayu: LSM FKAMIS Tidak Terdaftar

Indramayu, Teraspendopo.com– LSM FKAMIS (Forum Komunikasi Masyarakat Indramayu Selatan), kelompok yang terlibat dalam pertikaian petani tebu tidak terdaftar di Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Indramayu.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sejak 2016 sampai 2021, Kesbangpol tidak pernah menemukan data FKAMIS. Dalam kurun waktu yang sama, Kesbangpol juga tidak menemukan data FKAMIS

Disebutkan juga, Kesbangpol tidak pernah menerbitkan Surat Tanda Terima Lapor Keberadaan pada kurun waktu yang sama. 

“Kalau seluruh regulasi tidak ditempuh, bisa disebut keberadaan FKAMIS di Indramayu itu Ilegal. Normatifnya, setiap ormas, LSM atau yayasan yang akan berkegiatan di Kabupaten Indramayu harus melapor ke Kesbangpol,” tandas Kepala Seksi Politik Dalam Negeri, Adi Purnomo, Jumat 8 Oktober 2021.

Klaim ilegal terhadap FKAMIS juga sesuai dengan undang-undang dan aturan hukum lain. Undang-undang yang dimaksud antara lain, kata dia, yakni UU nomor 58 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU nomor 17 tahun 2013 Tentang Ormas dan PP nomor 2 tahun 2017. 

“Jadi klir, kalau tidak ada data atau melapor bahkan sudah melapor namun selama lima tahun tidak diperpanjang, maka keberadaan FKAMIS dianggap ilegal dan tidak boleh berkegiatan di wilayah Kabupaten Indramayu,” ujar pria yang akrab disapa Pupung ini.

Dijelaskan Pupung, sampai Oktober tahun 2021 ini, tercatat ada 120 Ormas, LSM dan Yayasan yang terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Indramayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments