HomeTeras DaerahKerusakan Infrastruktur Pertanian di Indramayu Capai 60 Persen

Kerusakan Infrastruktur Pertanian di Indramayu Capai 60 Persen

Indramayu – Meski sempat mendapatkan prestasi sebagai Kabupaten dengan Produksi Beras Tertinggi di Indonesia, namun Kabupaten Indramayu tampaknya memiliki masalah di sektor pertanian. Kondisi infrastruktur pertanian di Indramayu terus mengalami peningkatan kerusakan hingga 60 persen setiap tahunnya.

Hal tersebut terungkap dalam lawatan Bendahara Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), Nina Agustina, ke beberapa wilayah pertanian di Indramayu. Lawatan tersebut disambut hangat oleh para kelompok tani dan gabungan kelompok tani, kelompok wanita tani, dan taruna tani.

Para petani mengeluh banyaknya infrastruktur pertanian yang rusak di Indramayu. Hal ini menyebabkan beberapa kecamatan terancam gagal panen akibat tidak mendapatkan pasokan air yang memadai untuk kebutuhan masa tanam. Peristiwa ini bahkan terjadi tiga tahun terakhir ini.

“Bantuan pemerintah pusat banyak ragamnya untuk sektor pertanian, seperti perbaikan irigasi dan pembuatan embung. Namun apakah sudah memakai pola partisipatif sehingga bisa dinikmati oleh seluruh petani di Indramayu saat ini?” tutur Nina yang juga Calon Bupati Indramayu di Pilkada 2020 ini pada Minggu (1/11/2020) di Desa Juntiweden, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Nina berjanji ketika dirinya terpilih menjadi Bupati Indramayu akan menyediakan 31 excavator untuk memelihara irigasi pertanian di seluruh Indramayu. Sebab menurutnya, irigasi memiliki peranan vital bagi sektor pertanian.

Selain itu pihaknya juga sudah merancang program prioritas yang akan mengoptimalkan sektor pertanian secara mandiri melalui peranan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Salah satunya adalah pembangunan 1.000 sumur bor bagi daerah rawan, pembangunan 100 embung dan revitalisasi embung yang sudah ada, serta memberantas praktek mafia air dengan merevitalisasi P3A Mitra Cai.

“Masukan ke kami sudah banyak. Oleh karenanya saya sangat siap membangun pertanian di Indramayu,” pungkas Nina.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments