HomeTeras DaerahBermain Proyek Embung, Kepala UPTD Pertanian di Indramayu 'Disikat' Kejari

Bermain Proyek Embung, Kepala UPTD Pertanian di Indramayu ‘Disikat’ Kejari

Indramayu, Teraspendopo.com Mencoba bermain proyek pembangunan embung pertanian dengan cara menyalah gunakan wewenang dan Jabatan, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Haurgelis dan Gantar disikat Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Indramayu Propinsi jawa barat.

Untuk kasus Joko sendiri, sekarang telah masuk tahap penuntutan, atas perbuatannya pihak Pidsus Kejari Indramayu, melalui Aji Jaksa Penuntut menggunakan Pasal 12 huruf i, yang berbunyi, unsur–unsurnya, Pegawai negeri atau penyelenggara negara, dengan sengaja, secara langsung maupun tidak langsung turut serta dalam pemborongan, pengadaan atau persewaan, Yang pada saat dilakukan perbuatan, untuk seluruh atau sebagian ditugaskan untuk mengurus atau mengawasinya.

“Proyek embung yang seharusnya dikerjakan kelompok tani, dan UPTD selaku pengawas pelaksaannya, tapi Joko selaku kepala UPTD justru menjadi pelaksana pembuatan embung. Saat diminta LPJnya, Joko tidak bisa memperlihatkanya. Ini kesalahannya, kami kenakan pasal 12 huruf i,” Kata Aji di ruang kerjanya, Senin (23/03/2021).

Adapun sangsi Pasal 12 huruf I UU No. 20 Tahun 2001, berbunyi: Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).

“Untuk sangsi hukum pelaku minimal 4 tahun kurungan,” terang Aji.

Lanjut Aji, kami telah memeriksa 15 saksi secara berurutan.

Perlu diketahui Kepala UPTD Haurgelis – Gantar ini telah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kabupaten Indramayu selama satu bulan, untuk menunggu proses persidangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments