HomeTeras DaerahKejari Indramayu Musnahkan Berbagai Barang Bukti Tindak Pidana

Kejari Indramayu Musnahkan Berbagai Barang Bukti Tindak Pidana

- Advertisement -

Indramayu – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Indramayu menggelar pemusnahan barang bukti dari kejahatan yang sudah divonis dan berkekuatan hukum tetap. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kejari Indramayu pada Rabu (23/12/2020) pagi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Indramayu Douglas Pamino Nainggolan itu merupakan kedua kalinya dalam tahun ini. Dalam pemusnahan ini berhasil dieksekusi berbagai barang bukti dari dua jenis tindak pidana, yakni tindak pidana umum dan tindak pidana khusus.

“Ini sudah merupakan tugas dan fungsi dari Kejaksaan. Kami melaksanakan apa yang sudah menjadi keputusan tetap dari pengadilan berdasarkan Pasal 270 KUHP,” ungkap Douglas.

Dalam sambutannya Douglas juga merinci barang bukti dari dua jenis tindak pidana tersebut. Dari tindak pidana umum ada sabu seberat 24,36 gram, ganja seberat 8,27 gram, tembakau gorila sebanyak 12,71 gram. Ada juga Dextromethorphan, Eksimer, Double L (Triheksifenidil Hcl), Tramadol yang ditotal ada 62.893 butir.

- Advertisement -

“Selain itu ada juga 126 alat judi, 9,1 juta butir petasan, 14 unit handphone, 8 bilah senjata tajam, 8 buah kunci perkakas, 2 jerigen tuak, dan 4 botol ciu,” tambah Douglas.

Sementara untuk tindak pidana khusus sendiri, menurut Douglas, berasal dari pemalsuan pita cukai, yakni 1.134 minuman keras berbagai merk, 2.741 pita cukai palsu, 15.597 rokok tanpa cukai, 1 unit handphone, 1 unit printer, 1 unit laptop, 3 unit mesin jahit, dan 100 karung kosong pupuk bersubsidi.

Dalam kurun waktu setahun ini, keberadaan tindak pidana baik yang khusus maupun yang umum relatif stabil, tidak ada kenaikan yang siginifikan atau pengurangan yang drastis. Cuma, kata Douglas, ada sedikit peningkatan terkait penyalahgunaan narkotika.

Kegiatan pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Indramayu.

- Advertisement -
Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments