HomeTeras DaerahKartu ATM Bansos Ditahan Oknum Perangkat Desa, Bupati Nina Janji Beri Sanksi

Kartu ATM Bansos Ditahan Oknum Perangkat Desa, Bupati Nina Janji Beri Sanksi

Indramayu, Teraspendopo.com Bupati Indramayu, Nina Agustina, berjanji akan memberikan sanksi kepada aparat desa yang berani menahan kartu ATM penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Janji tersebut diungkapkan orang nomor satu di Indramayu ini setelah mendengar ada penerima bansos yang kartu ATM-nya ditahan. Padahal kartu ATM tersebut merupakan alat dalam menarik bantuan yang disalurkan pemerintah.

“Saya sudah mendengarnya. Inspektorat akan melakukan penyelidikan terkait hal ini,” terangnya.

Sebelumnya Nina sudah mewanti-wanti agar para camat dan seluruh perangkat dibawahnya jangan pernah melakukan penahanan kartu ATM warga penerima bansos. Sebab jika terbukti terjadi, pihaknya akan mengenakan sanksi.

Janji Nina ini terucap setelah mendengar protes warga yang kartu ATM bansosnya ditahan oleh pengelola BUMDes Mulya Tama Mandiri, Desa Karangmulya, Kecamatan Kandanghaur.

Kartu ATM penerima bansos itu tidak diberikan sejak pertama kali mereka mendapat bantuan pada 2018 silam. Setelah ditelusuri, kartu-kartu tersebut ditahan oleh pengelola BUMDes Mulya Tama.

Pihak BUMDes sendiri menyanggah bahwa terjadi penyelewengan penyaluran bansos. Sebab menurut mereka, kartu-kartu ATM milik penerima manfaat itu dikumpulkan dengan dalih agar tidak hilang.

Sementara itu berdasarkan Pedoman Umum Program Bantuan Sembako (dulu BPNT) dari Kementerian Sosial, kartu ATM dalam hal ini disebut sebagai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) harus dimanfaatkan oleh pemegangnya masing-masing.

Ditambah lagi, menurut aturannya ada beberapa pihak yang dilarang untuk ikut terlibat dalam pemanfaatan dan penyaluran Program Bantuan Sembako. Dua diantaranya yakni aparat desa dan BUMDes.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments