Setyowati Anggraeni
Ono Surono
Home Teras Daerah Konsleting Panel Listrik, Kapal Nelayan di Karangsong Nyaris Terbakar
Setyowati Anggraeni

Konsleting Panel Listrik, Kapal Nelayan di Karangsong Nyaris Terbakar

- Advertisement -

Indramayu – Sebuah kapal motor besar yang berlabuh di muara Karangsong, Indramayu, nyaris terbakar pada Senin (14/12/2020) pagi. Untungnya api yang sempat menghanguskan atap dek kapal itu segera dipadamkan berkat kesigapan regu pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Indramayu.

Kapal nelayan yang bertuliskan Sukamulya 3 itu diduga mengalami konsleting listrik. Dari situlah muncul percikan api yang dengan cepat merambat melalui kabel-kabel di sekitarnya dan menghanguskan panel kapal tersebut.

Menurut pimpinan regu pemadam dari Damkar Indramayu, Dedi Supriadi, api berasal dari listrik yang dihasilkan oleh mesin diesel yang dinyalakan anak buah kapal untuk menerangi bagian dek kapal. Namun karena ada konsleting, maka muncul percikan api.

“Iya, konsleting di panel. Meski tidak menghanguskan seluruh kapal, namun atap dek kapal tersebut hangus,” ungkap Dedi.

- Advertisement -

Kejadiannya sendiri berkisar sekitar pukul 9 pagi, dan api berhasil dipadamkan setengah jam kemudian. Menurut Dedi, tidak ada kerusakan berarti kecuali panel listrik kapal yang hangus terbakar dan atap dek yang menghitam.

Saat ini kapal Sukamulya 3 ini sedang diperbaiki mesin dan instalasi listriknya. Sehingga dalam waktu dekat, kapal tersebut bisa melaut kembali.

- Advertisement -
Boni Tabroni
Alumni Fakultas Hukum yang gemar menulis dan mendokumentasikan sesuatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments