HomeTeras NasionalInilah Enam Menteri Baru Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju

Inilah Enam Menteri Baru Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju

- Advertisement -

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan menteri-menteri pengganti dalam kabinetnya hari ini (22/12/2020) di Istana Merdeka, Jakarta. Ada enam menteri baru yang akan menduduki jabatan dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu,” kata Jokowi.

Enam menteri baru dalam kabinet itu diantaranya Tri Rismaharini yang akan menduduki orang nomor satu di Kementerian Sosial menggantikan Julari Batubara yang tersandung kasus korupsi bantuan sosial. Tri Rismaharini merupakan mantan walikota Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian ada Sakti Wahyu Trenggono yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Ia merupakan mantan bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu, dan kini akan menduduki jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tersangkut korupsi benih lobster.

- Advertisement -

Nama lain yang cukup mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Sosok ini merupakan calon wakil presiden pada pilpres lalu dan kehadirannya pada Kabinet Indonesia Maju mempertemukannya kembali dengan Prabowo Subianto yang sudah lebih dahulu menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Menteri Agama, Fahrul Razi, juga diganti posisinya oleh Yaqut Cholil Qoumas. Pria yang akrab disapa dengan sebutan Gus Yaqut ini merupakan Ketua PP GP Ansor dan saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Jokowi juga menyebut kalau dr Terawan Agus Putranto digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi merupakan lulusan ITB Teknik Nuklir dan merupakan seorang ekonom yang menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. Penunjukkan Budi ini cukup mengejutkan publik, pasalnya ia tidak memiliki latar belakang kesehatan.

Nama yang terakhir adalah Muhammad Lutfi yang menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan. Sebelumnya Lutfi pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan di era Presiden SBY, dan sebelum menjabat Menteri Perdagangan lagi pada Kabinet Indonesia Maju, Lutfi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia.

- Advertisement -

Terkait dengan enam nama tersebut, hari ini Jokowi baru mengumumkannya saja kepada publik. Untuk pelantikannya sendiri akan dilaksanakan pada Rabu (23/12/2020) besok.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments