HomeTeras NasionalIndonesia Larang WNA Masuk Mulai 1 Januari 2021, Terminal 3 Soekarno-Hatta Penuh

Indonesia Larang WNA Masuk Mulai 1 Januari 2021, Terminal 3 Soekarno-Hatta Penuh

Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melarang Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia pada 1-14 Januari 2021. Pasalnya ada varian baru virus corona yang terdeteksi di sejumlah negara.

Pernyataan Kemlu yang langsung disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan pengambilan kebijakan penutupan itu dihasilkan melalui rapat terbatas pada Senin (28/12/2020).

“Untuk WNA yang telah tiba di Indonesia sebelum 31 Desember wajib menunjukkan bukti negatif PCR yang berlaku selama 2X24 jam sebelum keberangkatan,” ungkap Retno.

WNA tersebut juga wajib melakukan pemeriksaan ulang RT PCR dan melakukan karantina selama lima hari di tempat yang telah dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia. Setelah karantina, WNA itu wajib melakukan pemeriksaan RT PCR lagi. Kalau hasilnya negatif, WNA baru boleh melanjutkan kunjungannya di Indonesia.

Aturan tersebut, menurut Retno, telah sesuai dengan adendum SUrat Edaran Satgas Covid-19 nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021. Aturan tersebut juga berlaku buat WNI yang tinggal di luar negeri dan mau kembali ke Indonesia.

“Aturan ini tidak berlaku bagi kunjungan setingkat menteri dan keatasnya. Namun tetap mesti menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Retno.

Sebelumnya varian baru virus corona telah ditemukan di Inggris, sehingga negara-negara lain termasuk Indonesia hanya melarang WNA Inggris untuk masuk ke negaranya. Namun karena virusnya sudah menyebar, maka larangan itupun diberlakukan untuk seluruh WNA dari negara manapun.

Kerumunan di Terminal 3

Sementara itu pada Selasa (29/12/2020) pagi, sebuah foto yang menunjukkan padatnya Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di Twitter. Hal ini tentu menuai reaksi dari netizen.

“Mumpung blom ditutup pintunya. Lagian menlu retno ada ada aja, katanya bakal nutup akses internasional masuk ke Indonesia krn covid varian baru, tp nutupnya nunggu tgl 1 januari,” ungkap akun @mdptyo yang membalas twit foto yang diunggah akun @arisrmd.

Sementara itu hal senada yang mempertanyakan kebijakan Menlu Retno Marsudi yang tidak langsung menutup pintu masuk juga banyak ditemukan di linimasa. Mereka menyayangkan pemerintah yang lebih memperhatikan sektor pariwisata daripada kesehatan masyarakatnya sendiri.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments