HomeTeras PerjalananHutan Mangrove Karangsong, Tempat Wisata Edukasi di Indramayu

Hutan Mangrove Karangsong, Tempat Wisata Edukasi di Indramayu

Indramayu – Dengan liburan ke tempat wisata indramayu, tepatnya hutan mangrove karangsong, Anda bisa mengajak anak atau adik Anda untuk memahami bahwa menjaga keseimbangan alam itu sangat penting. Bahkan menurut sejarah, beberapa daerah di sekitar pesisir indramayu sudah pernah mengalami abrasi, tepatnya pada tahun 2017. Bencana tersebut terjadi akibat tidak ada pelindung alami atau pohon mangrove.

Wisata Hutan Mangrove Karangsong

Tempat wisata Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong Indramayu berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Indramayu. Tempat ini mulai beroperasi menjadi lokasi wisata sejak tahun 2015. Sudah banyak wisatawan yang mengunjungi tempat dengan luas sekitar 20 hektar ini.

Jika tertarik mengunjungi tempat ini, Anda bisa menaiki kendaraan umum atau kendaraan pribadi, sesuai dengan rute perjalanan. Untuk mendapatkan rute perjalanan, Anda bisa mencarinya di Google Maps atau bertanya dengan warga setempat, mengingat tempat ini cukup populer.

Wisata Edukasi

Lokasi ini menjadi tempat wisata edukasi, sejarah dan ilmu pengetahuan. Pasalnya dahulu tempat ini tidak memiliki pohon mangrove yang dapat menahan air pantai, lalu terjadilah abrasi yang meluluhlantakkan lokasi warga. Hal tersebutlah yang menggerakkan warga untuk membuat pengamanan alami dengan menanam pohon mangrove di sekitar pesisir pantai, sekitar pada tahun 2008.

Selain mengetahui sejarah tempat ini, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar pohon mangrove, mulai dari bibit pohon mangrove, perawatan hingga manfaat pohon mangrove. Bahkan tempat ini juga seringkali dijadikan lokasi penelitian bagi mahasiswa dan lainnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong, yang merupakan wisata edukasi di Indramayu. Di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang sangat indah dan sejuk, sembari berfoto ria bersama keluarga atau teman.

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu wilayah Indonesia yang indah dan memiliki banyak pantai atau pulau. Bahkan, panjang pantainya berkisar hingga 147 km, dimulai dari perbatasan kabupaten Cirebon hingga kabupaten Subang. Untuk mencegah abrasi, dibuatlah hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong Indramayu. Hutan tersebut pun dijadikan tempat wisata edukasi yang sering dikunjungi wisatawan.

Dengan liburan ke tempat wisata indramayu, tepatnya hutan mangrove pantai lestari karangsong, Anda bisa mengajak anak atau adik Anda untuk memahami bahwa menjaga keseimbangan alam itu sangat penting. Bahkan menurut sejarah, beberapa daerah di sekitar pesisir indramayu sudah pernah mengalami abrasi, tepatnya pada tahun 2017. Bencana tersebut terjadi akibat tidak ada pelindung alami atau pohon mangrove.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments