HomeTeras DaerahHuru Hara di PN Mukomuko Berhasil Diredam

Huru Hara di PN Mukomuko Berhasil Diredam

Mokumuko, Teraspendopo.com Tidak seperti persidangan biasa, sidang yang mengadili perkara pidana nomor register 12/Fit B/2021/PNMKM, atas nama terdakwa Ujang Bin Husen dengan agenda sidang membacakan keputusan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, telah terjadi kericuhan atau huru hara, pada Rabu(17/3/2021).

Hal ini diawali ketidak puasan keluarga korban yang hadir di persidangan tersebut, kericuhan telah terlihat semenjak kedatangan tersangka Ujang di PN Mukomuko. Pada saat tersangka menuruni mobil tahanan yang membawanya, pihak keluarga korban langsung meneriakinya dan menghampiri seperti ingin memukul tersangka.

Tidak sampai di situ, setelah majelis hakim membacakan tata tertib persidangan dan membuka persidangan, pihak keluarga korban membuat keributan, sampai salah satu pengunjung sidang yang membuat keributan, diperintahkan keluar ruang sidang oleh majelis hakim.

Puncak dari keributan tersebut, sampai dengan terjadi huru hara setelah majelis hakim menyampaikan keputusan persidangan Ujang Bin Husen. Merasa tidak puas dengan putusan hakim, pihak keluarga korban langsung melempari Ujang.

Tidak sampai disitu, pihak keluarga korban mengejar tersangka yang dibawa aparat keamanan ke mobil tahanan, tidak bisa memukul tersangka Ujang yang telah diamankan aparat. Akhirnya pihak keluarga korban melampiaskannya ke mobil tahanan dan membuat Huruhara di PN Mukomuko.

Satpam yang melihat kejadian itu dan merasa huruhara tersebut tidak bisa dikendalikan lagi, melaporkan ke Wakil Ketua PN Mukomuko Morris M Sihombing dan meneruskan laporan tersebut ke Polres Mukomuko.

Tidak berselang lama aparat dari Polres Mukomuko datang untuk mengendalikan keadaan, kericuhan atau huruhara berakhir setelah pihak pengadilan Mukomuko memberikan pemahaman kepada keluarga korban yang tidak puas dengan putusan sidang.

Semua kejadian tersebut adalah Simulasi Huruhara Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Kabupaten Mokomuko Propinsi Jawa, dengan tujuan untuk mengantisipasi huru hara dan melatih segenap pegawainya.

“Simulasi ini bertujuan mengantisipasi huru hara, selain itu juga untuk melatih segenap keluarga besar Pengadilan Negeri Mukomuko. Agar tetap bersiaga akan adanya kemungkinan aksi mendadak dari para pendemo, yang biasanya tidak puas dengan hasil Putusan oleh Majelis Hakim,” ungkap Morris M Sihombong Wakil Ketua PN Mukomuko melalui aplikasi pesan singkat, Sabtu(3/4/2021).

Masih menurut Morris, simulasi yang dilaksanakan PN Mukomuko pada 17 maret 2021 berjalan sukses, berkat kerjasama dari berbagai pihak.

“Simulasi yang dilaksanakan tanggal 17 Maret 2021 ini terlaksana dengan baik, berkat kerjasama dengan berbagai pihak antara lain Kepolisian Resor Mukomuko, Kejaksaan Negeri Mukomuko, Penasihat Hukum dan seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Mukomuko,” imbuh Morris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments