HomeTeras DaerahDikunjungi Jokowi, Petani Indramayu Keluhkan Pupuk Subsidi yang Sering Hilang

Dikunjungi Jokowi, Petani Indramayu Keluhkan Pupuk Subsidi yang Sering Hilang

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen padi di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Rabu 21/04/2021.

Dalam kegiatan kunjungan kerja itu, Presiden Jokowi mengaku bangga dengan produksi padi masa panen raya awal 2021 dan harga gabah petani sudah tidak anjlok lagi.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi di sela-sela kunjungan di desa tersebut. Menurut Jokowi, dengan adanya gerakan serap gabah petani, kini minimal sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Rp 4.200 per kilogram sehingga menguntungkan petani. Tak hanya itu, Presiden Jokowi pun bangga terhadap produktivitas rata-rata padi mencapai 7 hingga 8 ton per hektar.

“Saya melihat hasil panennya bagus, bisa mencapai 7 sampai 8 ton, kemudian harga gabah juga sudah naik, yakni 4200 per kilogram,” ucap Jokowi di sela-sela kegiatan panen raya.

- Advertisement -

Jokowi mengungkapkan, dalam kesempatan itu ia menerima keluhan yang dialami para petani di Indramayu, hal itu menurut Jokowi merupakan masukan yang baik.

“Tadi ada keluhan dari para petani, misalnya harga pupuk terutama yang masih subsidi sering hilang pupuknya, sulit dicari. Kemudian yang kedua juga yang berkaitan dengan pada saat panen bersamaan itu kesulitan dalam mencari tenaga kerja untuk panen,” kata Jokowi.

Pada kunjungan tersebut, Jokowi juga berdialog dengan petani di Desa Wanasari. Jokowi menerima langsung informasi dari petani, bahwa harga gabah saat ini sudah bagus yakni minimal Rp 4.200 per kilogram, dimana harga sebelumnya jatuh yakni hanya Rp 3.400 sampai Rp 3.500 per kilogram.

“Ini hasilnya bagus, produktivitas rata-ratanya tinggi. Kemudian informasi dari petani soal panen kalau bersamaan, mengatur panennya susah sehingga butuh combine harvester [mesin panen]. Pak Mentan kirim 2 unit combine, pompa air dan traktor ke sini, minggu ini saya cek,” beber Jokowi.

- Advertisement -

Usai mengunjungi panen raya di Indramayu, Jokowi beserta rombongan langsung menuju ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang berlokasi di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, untuk melakukan peninjauan perkembangan pembangunan kawasan industri. Perjalanan ke lokasi itu juga ditempuh melalui perjalanan darat.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments