HomeTeras NasionalBansos Cair Jelang Lebaran, Cek Bansos Dulu Di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos Cair Jelang Lebaran, Cek Bansos Dulu Di cekbansos.kemensos.go.id

Jakarta, Teraspendopo.com Rencana Pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial kabarnya dipercepat. Awal Mei 2021 ini bantuan sosial akan dicairkan untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat menjelang lebaran.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dalam pernyataannya di berbagai media mengungkapkan kemungkinan bantuan sosial pada bulan Mei dan Juni akan dirapel.

Percepatan penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, dan BLT Dana Desa ini akan segera disalurkan agar diterima segera oleh masyarakat. Namun apakah penyalurannya akan dirapel atau tidak, masih menunggu hitam diatas putih.

Cara cek penerima bansos

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, fokus pada perbaikan dan transparansi data penerima bantuan sosial. Untuk perihal transparansi, pihaknya sudah merilis New DTKS yang datanya bisa diakses melalui http://cekbansos.kemensos.go.id/.

“Lewat aplikasi tersebut, publik bisa memantau penerima bantuan sosial PKH, BPNT, dan BST dengan menyebutkan nama desa/kelurahan tempat tinggalnya,” ungkap Mensos.

Untuk mengeceknya, silakan lakukan cara berikut ini:

  • Akses website http://cekbansos.kemensos.go.id
  • Kemudian pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal
  • Ketikkan nama sesuai KTP
  • Masukkan empat huruf kode captcha yang tertera dalam kotak kode
  • Jika tidak jelas huruf kode, klik kota kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  • Klik tombol cari

Setelah klik tombol cari, sistem akan mencocokkan nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang dimasukkan dengan membandingkannya pada nama yang terdaftar dalam data di Kemensos.

New DTKS hasil perbaikan

Laman cekbansos.kemensos.go.id tersebut merupakan hasil perbaikan dan integrasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sehingga Kemensos memastikan seluruh data hanya memiliki identitas tunggal dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar dan padan di Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Mensos, DTKS sejak Maret lalu telah dipulihkan dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No. 12/HUK/2021 sehingga namanya menjadi New DTKS. Dari proses perbaikan itu Kemensos telah menonaktifkan kurang lebih 21 juta data ganda.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments