HomeTeras TeknologiInilah Cara Mengusir Lembing Batu Ala Petani Indramayu

Inilah Cara Mengusir Lembing Batu Ala Petani Indramayu

Indramayu – Musim penghujan yang diprediksi akan diikuti pula oleh cuaca ekstrim pada akhir tahun ini ternyata masih membawa masalah lain. Salah satu masalahnya adalah kehadiran lembing batu atau bahasa ilmiahnya Scotinophara coarctata ke pemukiman warga.

Hewan ini memang tidak berbahaya, namun kehadirannya dalam jumlah yang sangat banyak bakal mengganggu. Serangga ini akan datang dimana ada lampu yang terang. Oleh karenanya demi menghindari serangan lembing ini banyak yang mematikan penerangan mereka.

“Lembing batu ini datang ketika sore hari. Kalau cuacanya hujan, mereka semakin banyak,” ungkap salah seorang petani di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, bernama Jidin, saat ditemui di kediamannya pada Sabtu (7/11/2020).

Jidin menuturkan hama lembing batu ini memang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu. Apalagi serangga ini datang dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka sukar dibersihkan.

Sebagai seorang petani, Jidin mengetahui trik mengendalikan hama tersebut. Ia memakai Trizin 35 WP sebanyak 30 gram untuk satu tangki atau sekitar 14 liter.

“Cara penggunaannya, silakan semprotkan cairan Trizin tersebut seminggu sekali ke tempat yang disinggahi lembing batu ini. Insya Allah mereka tak akan datang lagi,” pungkas Jidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments