HomeTeras NasionalCara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis dari Pemerintah

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis dari Pemerintah

Jakarta – Vaksin Covid-19 yang menurut Pemerintah sudah sampai di Indonesia, kini siap didistribusikan. Bahkan saat ini masyarakat sudah bisa melakukan pengecekan apakah dirinya terdaftar sebagai penerima vaksin gratis pada gelombang pertama.

Untuk mengecek apakah nama Anda terdaftar di data base penerima vaksin Covid-19 gelombang pertama, Pemerintah sudah menyiapkan mekanisme pengecekan. Pertama melalui SMS Blast kepada penerima yang sudah terdaftar, kedua melalui aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dibuat pemerintah untuk melakukan kontak tracing. Harapannya masyarakat bisa berbagi kontaknya agar memudahkan tracking dan tracing ketika terjadi infeksi.

Kini pada website PeduliLindungi, masyarakat bisa mengecek apakah nama mereka terdaftar sebagai penerima vaksin gelombang pertama atau tidak. Caranya dengan melakukan kunjungan pada website https://pedulilindungi.id/cek-nik dan memasukkan nomor NIK yang dimiliki.

Apabila terdaftar maka aplikasi akan memberikan petunjuk untuk melakukan langkah selanjutnya. Saat ini vaksinasi akan dilakukan setelah vaksin dari Sinovac itu mendapat izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

“Pada tahap awal, vaksin Covid-19 diberikan khusus kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang fasilitas pelayanan kesehatan yang rawan terpapar,” demikian yang ditulis dalam laman resmi PeduliLindungi.

Untuk tenaga kesehatan atau tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan yang belum mendapatkan SMS atau namanya belum terdaftar saat melakukan cek NIK di situs Peduli Lindungi, dapat mengirim email kevaksin@pedulilindungi.id.

Vaksin gratis ini, menurut Pemerintah merupakan buatan China yang diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd. Meskipun banyak kontroversi terkait vaksin tersebut, namun pemerintah tetap teguh memakai vaksin dari Sinovac karena berbagai pertimbangan.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi terkait dari pihak berwenang, baik Kementerian Kesehatan maupun Kominfo terkait keberadaan data penerima vaksin tersebut. Namun sebelumnya Presiden Jokowi memang menegaskan semua warga akan mendapatkannya, hanya waktunya saja yang dibedakan.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments